Keren! Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, Kementerian Agama Pasang Lampion Merah: 'Malu Bila Tidak Tahu Malu'

Keren! Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, Kementerian Agama Pasang Lampion Merah: 'Malu Bila Tidak Tahu Malu'

Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, Kementerian Agama Pasang Lampion Merah, Malu Bila Tidak Tahu Malu-fin/kemenag RI-

FIN.CO.ID - Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024. Kementerian Agama (Kemenag) RI menghiasi kantornya dengan memasang lampion merah. Tema Imlek tahun ini: Malu Bila Tidak Tahu Malu.

Hiasan lampion memperingati Tahun Baru Imlek 2024 ini terpasang di Kantor Wilayah Kementerian Agama  se-Indonesia dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia.   

Pemasangan hiasan lampion Tahun Baru Imlek 2024 ini berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor B-00455/SJ/B.IX/BA.02/01/2024 tanggal 2 Februari 2024 tentang Pemberitahuan Pemasangan Ornamen Imlek.

Pemasangan hiasan ornamen Imlek ini adalah bentuk penghormatan kepada umat Khonghucu sebagai agama yang mendapatkan perlakuan yang sama di Indonesia. 

Cahaya merah dari lampion Imlek inimemiliki makna filosofis tersendiri. Nyala merah lampion adalah simbol pengharapan bahwa di tahun yang akan datang diwarnai dengan keberuntungan, rezeki, dan kebahagiaan.

BACA JUGA:

Perayaan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili ini adalah perayaan keagamaan yang bersumber dari penanggalan kelahiran nabi Kongzi 551 SM ditambah dengan penanggalan masehi 2024. 

Umat Khonghucu merayakan Tahun Baru Imlek ke-2575 Kongzili pada Sabtu, 10 Februari 2024. Bagi umat Khonghucu Tahun Baru Imlek mengandung makna ketakwaan dan keimanan.

Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili pada tahun ini mengusung tema “Malu bila tidak tahu malu, menjadikan orang tidak menanggung malu”. 

Tema ini diambil dari Kitab Suci Rasul Bingcu, yang menekankan pentingnya rasa malu sebagai salah satu dari delapan kebajikan dalam ajaran Khonghucu.

Salah satu kutipan ayat Kitab Suci Rasul Bingcu  jilid 7A Ayat 6, tertulis Orang tidak boleh, tidak tahu malu. Malu bila tidak tahu malu, menjadikan orang tidak menanggung malu.

Rencananya, Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), Kementerian Agama RI akan menyelenggarakan Imlek Nasional di Balai Samudera Jakarta pada 12 Februari 2024 mendatang.

BACA JUGA:

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.