Jumat Terakhir Rajab, Baca Amalan Ini agar Rezeki Selalu Datang

Jumat Terakhir Rajab, Baca Amalan Ini agar Rezeki Selalu Datang

Amalan bulan Rajab terakhir--Freepik

FIN.CO.ID - Bulan rajab merupakan bulan suci yang dimuliakan oleh umat islam.

Jumat terakhir bulan Rajab tahun ini pada 9 Februari 2024. Ada sejumlah amalan yang bisa dikerjakan oleh umat Islam.

RAJAB adalah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Keempat bulan yang dimuliakan tersebut adalah Rajab, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Firman Allah subhanahu wa ta’ala

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةًۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum Musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.’’ (QS At-Taubah: 36).

BACA JUGA:

Al-Imam Fakhruddin Ar-Razi dalam tafsirnya menjelaskan tentang makna kemuliaan dalam empat bulan tersebut dengan kalimat berikut;

“Yang dimaksudkan dengan bulan-bulan yang dimuliakan di sini, sesungguhnya maksiat dalam bulan ini siksanya lebih berat. Jika menjalankan ketaatan,  pahalanya dilipatgandakan.” (Tafsir Ar-Râzi).

Saat bulan Rajab mennjadi pengingat, supaya membersihkan diri dari maksiat. Mari hentikan segala bentuk perilaku yang tidak pantas bagi seorang muslim.

Mari kita konsentrasi memikirkan akhirat yang kekal abadi, menyambut Ramadan yang datang tak lama lagi. Al-Imam Dzun Nûn Al-Mishriy mengatakan:

رَجَب شَهْرُ الزَّرْعِ وَشَعْبَان شَهْرُ السَّقْيِ وَرَمَضَان شَهْرُ الْحَصَادِ

“Rajab adalah bulan menanam, Sya’ban adalah bulan menyiram, sedangkan Ramadhan adalah bulan menuai.”

وَكُلٌّ يَحْصُدُ مَازَرَعَ فَمَنْ ضَيَّعَ الزِّرَاعَةَ نَدِمَ يَوْمَ الْحَصَادِ 

’’Setiap orang akan menuai atas apa yang ia tanam. Barang siapa yang tidak merawat tanamannya, ia akan menyesal saat musim panen.’’

Rajab sebagai bulan menanam ini, jangan sampai bercocok tanam keburukan.  Minimal, jangan sampai merugikan orang lain. Jangan sakiti siapa pun. Mari mulai dari Rajab yang mulia ini.

Rajab adalah salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam. Dalam sebagian hadits riwayat ad-Dailami disebutkan bahwa Rajab adalah bulannya Allah (syahrullâh). 

Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.