Jangan Skip! Nih Sembilan Cara Memilih Durian yang Matang dan Manis

Jangan Skip! Nih Sembilan Cara Memilih  Durian yang Matang dan Manis

Panen raya durian di Indonesia umumnya berlangsung mulai September hingga Februari. Sumber foto: Antara--

FIN.CO.ID - Saatnya berburu durian! Sebab musim durian sudah tiba. Ya, panen raya buah yang dijuluki The King of Fruit itu di Indonesia umumnya berlangsung mulai September hingga Februari.

Nah di artikel ini, ada sembilan  cara memilih durian yang matang dan manis. Catat ya!

1. Berbentuk Bulat

Jika kalian ingin memperoleh durian isi kuning dengan jumlah yang lebih banyak, maka pilih durian yang bentuknya bulat. Melansir dari laman Kementerian Pertanian, buah yang bentuknya lonjong cenderung memiliki daging yang lebih sedikit dibandingkan yang berbentuk bulat.


Manfaat Makan Durian, Image: Tom Fisk / Pexels--

2. Pilih yang Ringan

Orang awam mungkin berpikir semakin berat durian, semakin banyak isinya. Padahal, cara memilih durian bukan seperti itu. Jika kalian membeli durian dengan bobot yang ringan maka  pertanda kalau buah tersebut matang dan berlimpah. Sebaliknya, semakin berat durian maka bijinya yang besar, bukan dagingnya.

BACA JUGA:

3. Tangkai Tebal & Pendek

Saat memilih durian, selain dari sisi warna, ukuran, dan aroma, penting juga untuk memperhatikan tangkai yang bisa menjadi petunjuk durian sudah matang atau belum. Durian dengan tangkai yang tebal dan pendek menunjukkan bahwa daging buah tersebut tebal dan banyak. Sebaliknya, jika tangkainya ramping dan panjang pertanda dagingnya sedikit dan tidak terlalu tebal.

4. Cek Bunyinya

Ciri-ciri durian matang juga bisa diketahui dengan cara mengetuk buah tersebut. Untuk menghindari durinya, maka kalian bisa minta penjual untuk mengetuknya, lalu cermati bunyi yang timbul. Bila durian sudah matang, maka bunyinya akan terasa sedikit berat dan terendam seperti "bluk-bluk". Sebaliknya jika suaranya terdengar seperti ada rongga, maka bisa jadi durian sudah tak lagi segar.

5. Cermati Bentuk Durinya

Untuk mendapatkan durian yang paling enak dan matang, kalian juga bisa mencermati bentuk durinya. Pilih durian dengan bentuk duri pendek dan jarang, karena dipercaya lebih manis. Sebaliknya, jika kalian mendapatkan durian dengan duri panjang dan rapat, bisa jadi dagingnya  sedikit.


ilustrasi durian hijau --

6. Cium Aromanya

Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis. Tidak perlu membelah durian jika ingin mencium aroma tersebut. Cukup angkat, lalu dekatkan ke hidung. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang sangat khas meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya.

7. Lihat Bagian Atasnya

Jika kalian hendak membeli durian, cek juga bagian atas. Bila tangkai tidak bergetah atau sudah kering maka durian sudah lama diambil dari pohon. Sebaiknya, carilah durian yang masih bergetah di bagian atas. Ini menandakan buah tersebut baru saja diambil dari pohon.

8. Pilih Kulit yang Belum Terbuka

Tak sedikit yang membeli durian dalam kondisi kulit sudah terbuka, yang sudah. Mungkin kalian bisa mendapatkan durian berwarna kuning, tetapi rasa dagingnya tidak semanis durian yang kulitnya masih tertutup rapat. Sebab, ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan rasa daging durian menjadi hambar.

9. Musim yang Tepat

Belilah durian saat musim panas. Sebab, durian yang dipanen pada saat musim hujan umumnya memiliki daging buah yang tidak terlalu manis. Apabila kalian ingin mendapatkan durian dengan daging yang manis dan legit, belilah durian saat musim kemarau. (*)

Eko Nugros

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.