Kesehatan

Waspadai! Ini 6 Efek Samping Kebanyakan Makan Durian

lifestyle.fin.co.id - 15/02/2024, 08:29 WIB

Waspadai! Ini 6 Efek Samping Kebanyakan Makan Durian

FIN.CO.ID- Jika Anda mengonsumsi durian secara berlebihan, bisa berisiko bagi kesehatan, terutama bagi mereka yang kegemukan, memiliki hipertensi, penyakit jantung, atau diabetes.

Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk membatasi asupan durian agar menghindari potensi risiko yang terkait.

Apa Efek Makan Durian Jika Terlalu Banyak?

1. Mabuk Durian

Durian sering disebut mengandung alkohol, tetapi tidak ada kandungan alkohol dalam buah ini. Meskipun demikian, durian dapat memberikan efek memabukkan yang berbeda dengan mabuk minuman keras.

Mengonsumsi durian dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penumpukan gula alami seperti sukrosa dan fruktosa dalam tubuh, yang kemudian dapat menghasilkan gas berlebih dan menyebabkan perut kembung.

2. Menyebabkan Tubuh Panas

Mengonsumsi durian secara berlebihan dapat menyebabkan tubuh terasa panas seperti terbakar. Hal ini umumnya terjadi saat durian dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dan secara berkelanjutan. Penyebabnya diduga adalah kandungan sulfur dalam durian.

3. Memicu kegemukan

Jika Anda sedang menjalani diet untuk menjaga berat badan, mengonsumsi durian mungkin bukan keputusan yang tepat.

Durian memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang sangat tinggi. Sebagai contoh, satu kilogram durian ukuran sedang umumnya mengandung sekitar 1.470 kkal kalori.

4. Meningkatkan Risiko Diabetes

Baik pasien diabetes maupun orang yang berisiko tinggi diabetes sebaiknya lebih waspada makan buah durian.  Pasalnya, kebanyakan makan durian bisa memperparah gejala diabetes atau memicu diabetes.

Durian mengandung gula sederhana, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa, yang cepat diserap oleh tubuh, sehingga dapat mrningkstksn kadar gula rendah dengan cepat. 

BACA JUGA:

Mega Oktaviana
Penulis