Ingin tahu Arti SPF 50 dan PA++++ Pada Sunscreen? Cari Tahu di Sini!

Ingin tahu Arti SPF 50 dan PA++++ Pada Sunscreen? Cari Tahu di Sini!

Ingin tahu Arti SPF 50 dan PA++++ pada sunscreen? Cari tahu di sini!-Sumber: FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - SPF dan PA adalah istilah yang sering dijumpai saat menggunakan produk sunscreen. Namun, apa yang dimaksud dengan keduanya? Dan mengapa keduanya memiliki peran penting dalam sunscreen?

SPF (Sun Protection Factor)

Berikut akan kami menjelaskan konsep SPF. SPF merupakan kependekan dari Sun Protection Factor, yang mengukur berapa lama kulit dapat terbakar akibat sinar UVB. Ketika nilai SPF bertambah, perlindungan terhadap sinar UVB juga meningkat.

PA

Istilah lain yang sering terdapat pada sunscreen adalah PA. Istilah ini merupakan sistem penilaian yang berasal dari Jepang, yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna sunscreen tentang tingkat perlindungan dari sinar UVA.

Sistem peringkat pada PA (dinyatakan dengan simbol +) diadopsi dari metode Persistent Pigment Darkening (PPD), yang dikembangkan oleh Jepang untuk mengevaluasi seberapa besar perlindungan yang diberikan terhadap sinar UVA, yang efeknya biasanya baru terlihat pada kulit di kemudian hari karena kerusakan yang timbul biasanya berasal dari dalam, berbeda dengan UVB yang efeknya langsung terlihat pada kulit. Sampai saat ini, tingkat PA terbagi menjadi 4 kategori yaitu PA+, PA++, PA+++, dan PA++++.

BACA JUGA:

Cara Kerja SPF dan PA Menghadapi Radiasi UV

Cara Kerja SPF

Sebelum memahami bagaimana SPF bekerja, penting untuk mengetahui bahwa SPF memiliki berbagai tingkatan yang ditandai dengan angka yang mengikutinya. Saat ini, beberapa jenis SPF yang umum digunakan dalam sunscreen adalah SPF 15, SPF 30, dan SPF 50. Angka-angka ini menunjukkan tingkat perlindungan yang berbeda-beda yang diberikan oleh sunscreen.

Menurut para ahli kulit, setiap 1 SPF pada sunscreen mampu melindungi kulit selama 10-15 menit sebelum terjadi luka bakar akibat paparan sinar matahari. Dengan demikian, SPF 50 akan memberikan perlindungan kulit selama 500-750 menit, setara dengan sekitar 8 jam, sebelum terjadi luka bakar akibat sinar UVB.

Cara Kerja PA

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tingkat perlindungan PA pada sunscreen diberi klasifikasi berdasarkan jumlah tanda (+) yang mengikuti kata PA. Secara lebih rinci, PA+ memberikan perlindungan UVA yang minimal, PA++ memberikan perlindungan UVA yang cukup, sementara PA+++ menawarkan perlindungan UVA yang tinggi, dan terakhir, PA++++ memberikan perlindungan UVA yang sangat tinggi bagi kulit.

BACA JUGA:

Mengapa SPF 50 dan PA++++ Baik untuk Kulit?

Setelah memahami tingkatan SPF dan PA dalam melindungi kulit dari sinar UV, saatnya memilih sunscreen dengan tingkat SPF dan PA yang sesuai. Pilihlah sunscreen dengan SPF 50 untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari sinar UVB.

Mengapa SPF 50? Ini penting untuk memastikan bahwa perlindungan UVB yang diberikan oleh SPF mencukupi untuk kulit. Penggunaan SPF 15 atau 30 dianggap kurang efektif dalam melindungi kulit dari sinar UVB. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan lihat di bawah ini.

SPF 15 memberikan perlindungan sebesar 93%, yang berarti ada 7 fotun (satuan sinar UV) yang dapat menembus kulit.

SPF 30 memberikan perlindungan sebesar 97%, yang berarti ada 3 fotun yang dapat menembus kulit.

SPF 50 memberikan perlindungan sebesar 98%, yang berarti ada 2 fotun yang dapat menembus kulit. (*) 

Mega Oktaviana

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.