5 Makanan Khas Manado Paling Populer, Unik dan Menggiurkan 

5 Makanan Khas Manado Paling Populer, Unik dan Menggiurkan 

5 Makanan Khas Manado Paling Populer Unik dan Menggiurkan-SUMBER : FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang makanan khas Manado, kami telah merangkum lima jenis makanan tradisional. Mulai dari hidangan utama hingga camilan atau jajanan. 

Berikut 5 Makanan Khas Manado Paling Populer 

1. Ayam Woku Belanga 

Salah satu hidangan khas Manado yang populer adalah ayam woku belanga. Makanan tradisional dari Manado ini diminati karena rasanya yang pedas dan gurih yang unik, dengan campuran aroma rempah yang beragam. 

Sesuai dengan namanya, hidangan ini terbuat dari ayam kampung yang diolah dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, kunyit, jahe, kemiri, ditambah dengan daun kemangi, daun jeruk, dan irisan daun bawang. 

2. Sup Brenebon 

Makanan khas daerah Manado yang kedua yaitu sup brenebon. Sup brenebon adalah sup yang berisi kacang merah, daging sapi, irisan buncis, dan seledri serta irisan daun bawang. Masakan berkuah ini terbilang cocok disajikan sebagai menu makan malam didampingi dengan nasi putih hangat. 

3. Cakalang Fufu 

Cakalang fufu merupakan makanan khas Manado, olahan ikan cakalang yang dimasak dengan cara diasap. Dalam prosesnya, ikan cakalang dibersihkan lalu dibelah dua lalu dijepit menggunakan bambu.

Kemudian, diberi bumbu berupa garam dan gula baru kemudian ikan cakalang asap selama kurang lebih 4 jam di atas batok kelapa. Proses pengasapan ini menjadikan cakalang fufu bisa bertahan cukup lama dan cocok dijadikan oleh-oleh. 

4. Ikan Kuah Asam Manado 

Kuliner khas Manado berikutnya juga berbahan dasar ikan. Ikan kuah asam biasanya dibuat dengan bahan utama berupa ikan kakap, namun bisa juga diganti dengan ikan yang lain.  

Bumbu dari masakan ini berupa daun bawang, serai, daun jeruk, tomat, daun kunyit, daun pandan, dan cabe rawit merah serta tambahan daun kemangi.

Ikan kuah asam merupakan salah satu makanan khas daerah Manado yang cukup mudah untuk ditemukan di restoran atau warung makan Manado. 

5. Klappertaart 

Klappertaart adalah hidangan khas Manado yang dipengaruhi oleh budaya Belanda pada masa kolonialisme. Dalam bahasa Indonesia, klappertaart berarti kue tart kelapa.

Secara lebih detail, makanan tradisional Manado ini dibuat dari bahan utama seperti kelapa muda, susu, dan telur, dengan tambahan kismis, kenari, dan kayu manis. 

Inilah lima hidangan khas Manado yang paling terkenal dengan cita rasa yang lezat dan unik. 

Mega Oktaviana

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.