4 Keutamaan Puasa Sunnah Ayyamul Bidh, Apa Saja?

4 Keutamaan Puasa Sunnah Ayyamul Bidh, Apa Saja?

4 Keutamaan Puasa Sunnah Ayyamul Bidh, Apa Saja?-SUMBER : FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Walaupun hanya dilakukan selama tiga hari dalam satu bulan, puasa ayyamul bidh memiliki kelebihan yang luar biasa. Berikut adalah keistimewaan dari puasa ayyamul bidh.

Dalil Puasa Ayyamul Bidh

Dalam satu riwayat hadis yang disampaikan oleh Ahmad dan At-Tirmidzi, Abu Dzar mengatakan,

يَا أَبَا ذَرٍ إِذَا صُمْتَ مِنْ الشَّهْرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلَاثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

‘’Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk berpuasa pada ayyamul bidh, yaitu pada hari ke-13, 14, dan 15 dalam bulan Hijriyah. (HR Ahmad dan At-Tirmidzi)’’

Dalam satu riwayat hadis yang disampaikan oleh Bukhari, disebutkan,

أَوْصَانِي حَبِيبِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثٍ لَنْ أَدَعَهُنَّ مَا عِشْتُ بِصِيَامٍ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَصَلَاةِ الضُّحَى وَبِأَنْ لَا أَنَامَ حَتَّى أُوتِرَ

‘’Kekasihku (Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasalalm) memberiku wasiat tentang tiga perkara yang tidak akan aku tinggalkan selama hidupku: berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, melakukan dua rakaat dhuha, dan tidak tidur sebelum aku melaksanakan shalat witir. (HR. Bukhari dari Abu Darda)’’

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Meskipun hanya dilakukan selama tiga hari dalam satu bulan, puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan yang agung. Berikut adalah beberapa keutamaan puasa Ayyamul Bidh:

BACA JUGA:

1.   Mirip dengan puasa yang dilakukan sepanjang masa.

Melaksanakanpuasa sunnah Ayyamul Bidh dapat diibaratkan sebagai berpuasa sepanjang hidup, sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

2.   Mengikuti teladan Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW tidak hanya menganjurkan para sahabat untuk melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, tetapi beliau juga melakukannya secara rutin sepanjang hidupnya.

3.   Wasiat Rasulullah SAW.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu dari tiga hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk tidak ditinggalkan selama hidup, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

BACA JUGA:

4.   Memberikan istirahat pada organ tubuh.

Melakukan puasa memberi kesempatan bagi organ tubuh untuk istirahat, menjaga kesehatan tubuh, dan mencegah kerusakan karena kelebihan beban makanan.

Dengan demikian, puasa Ayyamul Bidh menjadi salah satu ibadah yang penting bagi umat Islam, sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW dan peduli terhadap kesehatan tubuh.

 

Mega Oktaviana

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.