Emang Boleh Main Game saat Berpuasa? Kata PBNU Bisa Haram Lho!

Emang Boleh Main Game saat Berpuasa? Kata PBNU Bisa Haram Lho!

Hukum bermain game saat berpuasa--Freepik

FIN.CO.ID - Sampai saat ini masih menjadi perdebatan, apakah boleh main game disaat berpuasa dan apakah bisa membatalkan?

Sebagian orang khususnya anak-anak dan remaja, menghabiskan waktu dengan bermain game online sambil menunggu waktu puasa.

Namun sudah banyak game yang menampilkan konten kekerasan, romantisme, sampai seksualitas. Hal ini dikhawatirkan dapat membatalkan puasa.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran terhadap anak-anak dan remaja yang sedang ingin menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2024.

BACA JUGA:

Ustaz Mahbub Maafi dari PBNU akan memberikan hukumnya bermain game saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Pertama yang perlu diketahui hukum bermain game. Pada dasarnya  mengandung nilai positif dan tidak ditemukan unsur judi itu diperbolehkan. Dengan catatan tidak sampai melalaikan kewajibannya sebagai muslim.

Hal ini menandakan bahwa permainan games itu memiliki dampak sejauh mana bagi yang memainkannya.

Jika permainan game memberikan dampak yang tidak semestinya malah membuat pelakunya malas dan mengurangi etos kerjanya maka bisa menjadi makruh.

BACA JUGA:

Bahkan, memainkan games bisa menjadi haram jika menyebabkan pelakunya terjerumus melakukan perbuatan yang diharamkan.

Hal ini seperti status hukum permainan catur yang sudah banyak dibicarakan para ulama. Misalnya seperti keterangan yang terdapat di dalam kitab al-Fiqh al-Manhaji sebagai berikut:

“Di antara permainan ini adalah catur, yaitu sebuah permainan olah batin, akal dan pikiran. Tidak diragukan lagi bahwa catur memiliki manfaat untuk hati dan akal. Namun, bila seseorang tersibukkan dengan permainan tersebut sampai melampaui manfaat yang semestinya, maka hukumnya makruh. Dan jika berdampak sampai kepada menggugurkan sebagian kewajiban, maka hukumnya menjadi haram.” (Mushtafa Ahmad Khan dkk, al-Fiqh al-Manhaji, juz. VIII h. 166).

Lalu bagaimana kita ingin menghabiskan waktu dengan bermain games? Hukum bermain games ketika sedang menjalankan ibadah puasa adalah boleh sepanjang hal tersebut tidak menimbulkan hal-hal yang diharamkan.

Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.