Cara Menurunkan Berat Badan saat Bulan Puasa Ramadhan 2024, Ayo Ikutin!

Cara Menurunkan Berat Badan saat Bulan Puasa Ramadhan 2024, Ayo Ikutin!

Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadhan 2024--freepik

FIN.CO.ID -  Berikut ini akan memberikan tips cara menurunkan berat badan saat bulan Puasa Ramadhan 2024.

Sebentar lagi seluruh umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan 2024.  Momen di bulan suci ini, umat Islam diharuskan untuk berpuasa.

Momen puasa Ramadhan 2024 bisa dijadikan untuk menurunkan berat badan kalian untuk mendapatkan tubuh yang seimbang.

Dokter spesialis gizi klinik lulusan Universitas Padjadjaran Dr. dr. Gaga Irawan Nugraha, M. Gizi., Sp.GK(K) memberikan cara berpuasa Ramadhan. Selain itu sukses menurunkan berat badan dengan disiplin mengatur pola nutrisi dan olahraga.

BACA JUGA:

"Pertama, berbukalah dengan buah berair. Makan buah berair sebagai pembuka, lalu minum air dulu, sholat Maghrib dulu, baru makan nasi lengkap," kata Gaga saat ditemui usai menjadi pembicara dalam sebuah diskusi Hari Obesitas Sedunia di Jakarta, Jumat.

Nasi lengkap adalah nasi yang disajikan dengan aneka macam lauk berprotein hewani maupun nabati, dan sayur bervitamin. Gaga menambahkan anak yang sedang tumbuh, ibu menyusui dan ibu hamil, wajib diberi menu tambahan sebelum dan sesudah shalat tarawih untuk menambah nutrisi.

Lanjutnya, ia menyarankan setelah menyantap menu nasi lengkap, harus berhenti makan apapun lagi sampai tiba waktu sahur.

"Begitu sahur, makan nasi lengkap lagi. Setelah itu buah yang berair lagi. Setelah itu boleh tambahan lain misalnya susu, boleh, madu satu sendok juga boleh untuk cadangan fruktosa yang disuplai sebagai glikogen di otot, itu menjaga agar puasa kita tetap segar," kata Gaga.

BACA JUGA:

Wakil Ketua Himpunan Studi Obesitas Indonesia (HISOBI) menghimbau untuk konsumsi air putih tidak kurang dari dua liter setelah berpuasa.

Minum air putih untuk menjaga asupan air selama bulan Ramadhan,  Gaga menyarankan minum tiga sampai empat gelas saat sahur sampai imsak.

Kemudian dari waktu berbuka sampai sebelum tidur malam, minumlah empat sampai lima gelas air putih.

"Jadi, total delapan sampai 10 gelas, berarti sekitar dua liter," kata Gaga.

Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.