Kisah Para Malaikat Turun ke Bumi Saat Bulan Suci Ramadan

Kisah Para Malaikat Turun ke Bumi Saat Bulan Suci Ramadan

Bikin Merinding! Kisah Para Malaikat Yang Turun ke Bumi Saat Bulan Suci Ramadhan. Istockphoto.com--

FIN.CO.ID - Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat menyenangkan bagi umat Islam di segala penjuru dunia.

Ya, meskipun bulan suci Ramadhan diberkahi dengan banyak keistimewaan, kendati bulan ini juga merupakan salah satu bulan yang keagungannya langsung dipuji oleh Allah SWT.

Di bulan suci Ramadhan, umat Islam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dan para malaikat.

Dilansir Fin.co.id dari akun YouTube Amirul Mukminin pada Kamis 7 Maret 2024, para malaikat sibuk dengan tugasnya masing-masing. Berikut beberapa pekerjaan dan kisah malaikat di bulan Ramadhan.

Pada malam pertama Ramadhan, angin yang disebut Al Mutsirah muncul di bawah singgasana.

BACA JUGA:

Melalui nafas Al-Mutsirah, dedaunan pepohonan di langit berguncang, dedaunan pintu bergerak, dan terciptalah rangkaian suara-suara yang indah.

Tidak seorang pun atau makhluk mana pun yang pernah mendengar suara seindah itu. Jadi hal ini membuat para bidadari surga bermata jeli terpesona.

Mereka tampak berdiri di tempat tinggi dan berkata: "Jika ada orang yang memohon kepada Allah SWT untuk dinikahi, apakah Allah SWT akan menikahkannya dengan kita?''.

Kendati pertanyaan ini tidak ada jawabannya, ternyata tidak ada penjelasannya di sana. Kemudian para bidadari bertanya kepada malaikat penjaga surga: “Malaikat Ridwan, malam apa hari ini?”

Selanjutnya malaikat Ridwan berkata: wahai bidadari malam pertama bulan Ramadhan.
BACA JUGA:

Lalu para bidadari berdoa. : "Ya Allah, berilah aku suami dari hamba-hamba-Mu bulan ini."

Lalu Allah SWT berfirman: "Wahai Ridwan, bukalah pintu surga bagi umat Muhammad yang berpuasa di bulan ini.

Wahai Malik (Malaikat Penjaga Neraka), tutuplah pintu neraka bagi orang-orang yang berpuasa di bulan ini.''

Lalu, Jibril turunlah ke bumi dan ikat setan-setan jahat itu dengan rantai dan lemparkan mereka ke kedalaman. Semoga mereka tidak mencelakakan atau mengganggu puasa kekasihku umat Muhammad.

Hadits mengatakan: Ketika bulan Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan semua setan diikat  HR. Muslim dan Bukhari.

Sangat mudah bagi umat Islam untuk beramal shaleh di bulan suci Ramadhan karena para malaikat langsung menaati perintah Allah SWT.

BACA JUGA:

Musuh yang harus dihadapi umat Islam selama bulan Ramadhan merupakan setan yang berwujud dan hawa nafsu

Hadist lain menyatakan bahwa pada malam pertama bulan Ramadhan, Allah SWT berfirman: “Barangsiapa mencintaiku, maka aku akan mencintainya.

Barang siapa yang memohon ampunan kepada ku maka aku akan memaafkannya.

Sebagai rasa syukur atas kehormatan bulan Ramadhan ini atau puasa yang dijalani, Allah memerintahkan para malaikat.

Untuk mencatat dan memperbanyak amal shaleh ketiga golongan manusia tersebut dan mengampuni dosa-dosa masa lalu mereka. HR. Muslim dan Bukhari.

Pada malam yang ditetapkan Allah SWT sebagai malam Lailatul Qadar, Allah memerintahkan malaikat Jibril dan rombongannya turun ke bumi.

Malaikat Jibril turun dengan membawa bendera hijau yang dipasang di belakang Ka'bah.

Ia pun mempunyai 600 sayap, dua di antaranya hanya digunakan pada malam Lailatul Qadar.

BACA JUGA:


Dua sayap terbentang ke timur dan barat, lalu malaikat Jibril memerintahkan para malaikat yang mengikutinya untuk mendatangi umat Nabi Muhammad SAW.

Lalu, Mereka memberi salam pada semua orang yang duduk, berdiri, salat, melakukan dzikir atau ibadah lainnya pada malam itu.

Sehingga mereka berjabat tangan hingga subuh dan mengabulkan doa umat Nabi Muhammad SAW.

Saat fajar tiba di ufuk timur, malaikat Jibril berkata, "Malaikat, kembalilah!'' Kendati para malaikat tidak mau meninggalkan umat Islam yang beribadah kepada Allah SWT.

Adanya kekaguman dan kepedulian terhadap Nabi Muhammad SAW dikalangan umat, menimbulkan berbagai kelemahan dan keterbatasan.

Meski berbagai dosa dan kesalahan, mereka tetap beribadah kepada Allah SWT tanpa meninggalkan rahmat-Nya dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Ketika mereka mendengar seruan malaikat Jibril unntuk kembali, mereka berkata: "Wahai malaikat Jibril, apa yang telah dilakukan Allah untuk memenuhi tuntutan orang-orang beriman dari umat Nabi Muhammad?"

BACA JUGA:

Malaikat Jibril berkata: Sesungguhnya Allah SWT memandang mereka dengan tatapan kasih sayang-Nya dan mengampuni serta mengampuni mereka kecuali empat golongan manusia. ”

Orang-orang ini merupakan orang-orang yang lebih suka meminum minuman beralkohol seperti Khamr, alkohol, narkoba dan obat-obatan.

Orang yang tak mendengarkan orang tuanya, orang yang suka merusak silaturahmi dan orang yang musyahin.

Puas dengan penjelasan malaikat Jibril, para malaikat kembali ke tempatnya di surga dan beribadah dengan caranya masing-masing.

Demikian beberapa kisah dan tugas para malaikat di bulan suci Ramadhan, Wallahualam Bishawab.(*)

Noerma Puspita

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.