Selain Bagus untuk Relaksasi, Simak Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan!

Selain Bagus untuk Relaksasi, Simak Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan!

Foto: Ilustrasi Freepik.com--

FIN.CO.ID - Mandi dengan air hangat seringkali dianggap sebagai salah satu cara yang menyenangkan untuk merelaksasi tubuh setelah seharian beraktivitas. Namun, mandi air hangat juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan yang tidak boleh diabaikan.

Pertama-tama, mandi air hangat dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan relaksasi.

Suhu air hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meredakan stres setelah seharian beraktivitas.

Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat membantu membersihkan kulit secara lebih efektif.

Suhu air hangat membuka pori-pori kulit, sehingga memudahkan untuk mengangkat kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Hal ini dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

BACA JUGA:

Manfaat lain dari mandi air hangat adalah dapat membantu mengurangi nyeri otot dan sendi. Suhu air hangat dapat membantu meredakan ketegangan pada otot dan sendi, sehingga bermanfaat bagi mereka yang mengalami nyeri otot atau sendi akibat berbagai aktivitas fisik atau kondisi medis tertentu seperti arthritis.

Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Mandi dengan air hangat sebelum tidur dapat membantu tubuh untuk rileks dan meredakan ketegangan otot, sehingga membuat Anda lebih mudah tertidur dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Namun, perlu diingat bahwa mandi dengan air hangat juga memiliki beberapa risiko jika tidak dilakukan dengan benar. Mandi dengan air hangat yang terlalu lama atau terlalu panas dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat menyebabkan penurunan kadar minyak alami kulit, sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan rentan terhadap infeksi.

BACA JUGA:

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari mandi air hangat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan suhu air tidak terlalu panas, idealnya antara 37-40 derajat Celsius.

Selain itu, hindari mandi dengan air hangat terlalu lama, cukup 10-15 menit sudah cukup untuk merasakan manfaatnya. Setelah mandi, jangan lupa untuk menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit.

Dengan memperhatikan cara mandi dengan air hangat yang benar, Anda dapat merasakan manfaatnya bagi kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. (*)

Giska Cyrilla

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.