Tips Mudik dengan Motor Agar Perjalanan Lancar dan Aman

Tips Mudik dengan Motor Agar Perjalanan Lancar dan Aman

Mudik naik motor. Sumber foto: google--

FIN.CO.ID- Mudik merupakan perjalanan pulang kampung secara massal yang dilakukan setiap tahun jelang lebaran Idul Fitri. 

Mudik atau pulang kampung sudah menjadi tradisi turun temurun di masyarakat Indonesia.

Mudik merupakan impian semua orang yang berada di perantauan dan ingin kembali menjenguk keluarganya di kampung.

Mudik juga dapat mempererat silaturahim antar sanak keluarga, tetangga, teman atau bahkan dengan orang-orang di kampung. 

Saat musim mudik, banyak yang memilih mudik dengan menggunakan transportasi umum. Namun ada juga yang memilih dengan menggunakan sepeda motor. 

Namun, perjalanan jauh dengan motor dapat menimbulkan risiko dan tantangan tersendiri. Unutk itu, Anda perlu mengetahui tips agar mudik menggunaka motor roda dua dapat berjalan lancar dan aman hingga selamat di tempat tujuan. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips mudik naik motor agar tetap tetap aman dan nyaman. Baca sampai selesai ya.

1. Persiapkan Rute Perjalanan

Rute perjalanan kendaraan roda dua pastinya berbeda dengan kendaraan roda empat, karena motor tidak bisa menggunakan jalan tol untuk mempercepat jarak tempuh. Namun, motor bisa menggunakan jalan alternatif yang lebih efisien. Sebab itulah, usahakan untuk mempelajari rutenya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik.

2. Persiapkan Kondisi Motor

Pastikan cek kondisi motor mulai dari mesin, oli, lampu, ban, rem, dan surat-surat kendaraan bermotor sebelum Anda memutuskan mudik. Usahakan untuk cek di bengkel agar kondisi motor tetap baik. Namun, apabila ada kerusakan segeralah untuk menggantinya demi menghindari resiko kecelakaan pada saat melakukan perjalanan mudik.

BACA JUGA: 

3. Pakaian yang Nyaman

Pemudik yang berniat menggunakan motor untuk pergi ke kampung halaman, ada baiknya menggunakan pakaian yang nyaman. Sebab, mudik menggunakan kendaraan bermotor pastinya tidak akan terlindungi dari panas, hujan, dan angin. Situasi cuaca yang tak dapat diprediksi memang bisa menjadi sangat merepotkan.

Oleh karena itu disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman seperti jaket motor, sarung tangan, dan helm. Pastikan juga untuk selalu membawa jas hujan demi menghindari cuaca buruk.

4. Jangan Terlalu Banyak Membawa Barang

Saat membawa motor matic maka usahakan untuk tidak membawa barang seberat 150 kg yang sudah termasuk pengendara dan penumpang. Bagi perempuan, pastikan tidak duduk menyamping agar mudik semakin lebih aman dan nyaman.

Sepeda motor yang terlalu berat dan melebihi kapasitas bisa mengakibatkan kerusakan dan ketidakamanan saat dipakai untuk perjalanan jauh.

5. Jangan Terlalu Memaksakan Diri dan Istirahat

Karena membutuhkan waktu yang lama, perjalanan mudik menggunakan motor akan terasa mudah pegal dan kram. Sebab itu, usahakan istirahat setiap dua jam sekali dengan tidur, makan, dan beribadah agar tubuh kembali sehat dan bugar.

6. Bawa Bekal Perjalanan

Sering kali, saat melakukan perjalanan jauh, pemudik dapat mengalami dehidrasi dan kelaparan. Karena itu, disarankan untuk  membawa bekal makanan dan minuman. Terlebih jika terjebak macet. Pemudik sulit mencari tempat makan terdekat.

7. Selalu Patuhi Rambu Lalu Lintas

Peraturan lalu lintas dibuat agar perjalanan menjadi aman dan nyaman, serta terhindar dari kecelakaan. Maka sebaiknya pemudik mematuhinya seperti tidak melanggar lampu merah, tidak naik ke trotoar, dan tidak menerobos palang pintu kereta api.

8. Hindari Minum Kopi

Minum kopi memang nikmat dan bisa mengusir rasa kantuk. Namun, minum kopi terlebih saat sahur bisa menyebabkan cairan tubuh banyak keluar melalui urin. Saat tidak berpuasa, cairan yang terbuang bisa digantikan dengan minum. Tetapi ketika berpuasa, makan dan minum tidak bisa dilakukan sehingga cairan tubuh tidak bisa digantikan dengan segera.

9. Perhatikan Kapasitas Penumpang

Jangan memaksakan kapasitas penumpang motor. Jika ditumpangi oleh dua orang sudah terasa sesak, lebih baik jangan ditambah lagi karena berbahaya saat perjalanan. Belum lagi kalau kamu perjalanan jauh, pasti akan terasa tidak nyaman dan cepat lelah, karena berboncengan melebihi kapasitas

10. Bawa perlengkapan berkendara yang cukup.

Gunakanlah helm, jaket, sarung tangan, kacamata, dan sepatu yang nyaman untuk melindungi diri dari terik matahari, hujan, dan debu.

11. Jangan Main HP

Hindari terlalu sering menggunakan telepon seluler saat berkendara karena dapat mengganggu konsentrasi dan meningkatkan risiko kecelakaan. Jika memang perlu menghubungi seseorang atau melihat peta digital, silakan berhenti di tempat yang aman terlebih dahulu.

12. Pastikan fisik dalam kondisi terbaik.

Mudik menggunakan motor memerlukan stamina prima. Pemudik sebaiknya istirahat cukup dan makan sehat sebelum berangkat.

13. Hindari Perjalanan pada Malam Hari

Mengemudi pada malam hari terutama jika tidak akrab dengan rute perjalanan. Risiko kecelakaan pada umumnya lebih tinggi terjadi di wilayah dengan pencahayaan minim. Demikian artikel ini semoga bemnafaat. (*)

 

Eko Nugros

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.