9 Manfaat Bukber Bareng Orang Terdekat, Bisa Hilangkan Stress

 9 Manfaat Bukber Bareng Orang Terdekat, Bisa Hilangkan Stress

Buka puasa bersama. Sumber foto: pinterest--

FIN.CO.ID – Acara buka puasa bersama seakan sudah menjadi tradisi di bulan Ramadan. Berkumpul bersama orang-orang yang berarti dalam hidup seperti keluarga, sahabat, atau pasangan menikmati hidangan buka puasa merupakan momen membahagiakan.

Bukber bersama orang terdekat memberikan manfaat psikologi bukber, seperti menghilangkan stres, memberi dukungan psikologis, dan lain-lain.

Dikutip dari klikdokter, ternyata kehadiran orang terdekat dan tersayang itu memberikan banyak manfaat secara psikologis. Berikut ulasannya:

BACA JUGA:

1. Mengatasi Stres

Lelahnya aktivitas dan permasalahan hidup yang menerpa membuat kamu rentan mengalami stres. Mendapatkan dukungan dan kehangatan dari support system membuat kamu merasa lebih bahagia, tenang, serta mengatasi stres yang sedang dirasakan pada hari itu.

2. Dukungan Psikologis

Manfaat buka puasa bersama selanjutnya adalah kamu bisa mendapatkan dukungan psikologis dari orang-orang terdekat. Bersama support system, tentu kamu merasa lebih nyaman dan aman dalam berkeluh kesah dan meminta pertolongan.

Support system yang baik akan memberikan dukungan emosional tanpa penghakiman atau menjatuhkan. Buka puasa bersama orang terdekat bisa menjadi momen untuk mendapatkan dukungan psikologis dari orang-orang yang peduli dengan kamu.

3. Memiliki Kesehatan yang Lebih Baik

Dengan adanya momen buka puasa bersama support system, kesehatan mental maupun fisik bisa lebih baik. Dalam publikasi penelitian Journal of Clinical Psychology, mereka yang memiliki support system menunjukkan kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak memilikinya.

Kehadiran support system membuatmu merasa lebih tenang dan menurunkan tingkat stres yang kemudian berhubungan erat dengan baiknya kesehatan mental.

4. Meningkatkan Motivasi

Support system selalu berharap dan mendoakan yang terbaik bagi hidupmu. Meluangkan waktu bersama orang-orang terdekat dapat menjaga dan meningkatkan motivasi kamu dalam meraih tujuan hidup.

Tidak dipungkiri, motivasi dalam meraih sesuatu terkadang bisa naik dan turun. Namun, dengan kehadiran support system membangkitkan kembali rasa percaya diri kembali dan lebih termotivasi.

BACA JUGA:

5. Membantu Dalam Mengambil Keputusan

Momen buka puasa bersama bisa kamu manfaatkan juga untuk bercerita dan meminta pendapat pada orang-orang terdekat terkait masalah yang sedang dihadapi. Memikirkan sendiri ketika dihadapkan dengan kebimbangan atau pilihan biasanya akan membuatmu merasa bingung dan ragu.

Nah, bercerita kepada support system bisa memperoleh sudut pandang baru dalam mengambil keputusan.

Eko Nugros

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.