Jangan Terlewat! Catat Waktu Tepat Bayar Zakat Fitrah 2024

Jangan Terlewat! Catat Waktu Tepat Bayar Zakat Fitrah 2024

Foto: Ilustrasi Freepik.com--

FIN.CO.ID - Selain menjalankan ibadah puasa, umat Islam juga memiliki kewajiban membayar zakat fitrah selama bulan Ramadan. Namun, kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan kewajiban ini?

Zakat fitrah dianggap sebagai salah satu bentuk penyucian diri dari segala aktivitas yang mungkin tercemar selama bulan Ramadan. Sebagian dari harta milik umat Islam diambil untuk membayar zakat fitrah sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap sesama.

Tidak memandang usia, jenis kelamin, atau status sosial, zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap individu Muslim. Mengutip dari NU Online, pembayaran zakat fitrah selama bulan Ramadan dapat dilakukan kapan saja. Namun, ada ketentuan khusus mengenai waktu yang tepat untuk melaksanakan kewajiban ini.

Berikut ini akan mengulas kapan waktu yang tepat untuk melakukan zakat fitrah.

BACA JUGA:

Waktu Zakat Fitrah

Menurut laman Baznas, waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah adalah menjelang akhir bulan Ramadan dan awal bulan Syawal, tepatnya sebelum Hari Raya Idulfitri. Idealnya, zakat fitrah dibayarkan sebelum memasuki 1 Syawal, hari di mana umat Islam merayakan Idulfitri.

Namun, perlu dicatat bahwa membayar zakat fitrah setelah tanggal 1 Syawal tidak dianjurkan bahkan diharamkan dalam Islam. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi umat Muslim untuk melaksanakan kewajiban zakat fitrah sebelum tiba hari Idulfitri, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, "Barangsiapa yang mengeluarkan zakat fitrah sebelum shalat Idul Fitri, maka zakatnya itu diterima sebagai zakat yang sempurna. Dan barangsiapa yang mengeluarkannya setelah shalat Idul Fitri, maka zakatnya itu sekedar sedekah biasa." (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa Zakat Fitrah 

Doa dan niat zakat fitrah perlu diucapkan saat akan mengeluarkan zakat tersebut. Berikut adalah contoh doa dan niat zakat fitrah beserta hadis yang relevan:

Niat Zakat Fitrah

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَدَقَةً لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: Saya niat mengeluarkan zakat fitrah sebagai sedekah untuk Allah Ta’ala.

Giska Cyrilla

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.