Melihat Monumen Kapal Selam Surabaya, KRI Pasopati-410 Gagah Kebanggaan Indonesia

Melihat Monumen Kapal Selam Surabaya, KRI Pasopati-410 Gagah Kebanggaan Indonesia

Monumen Kapal Selam Kota Surabaya -(Tuahta Aldo / fin.co.id)-

FIN.CO.ID - Jika kamu penasaran dengan dalamnya kapal selam, kamu wajib datang ke Monumen KRI Pasopati-410 yang berada di Kota Surabaya.

Berlokasi di Jalan Pemuda nomor 39, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, kamu hanya Perlindungan membayar Rp 15 Ribu untuk masuk ke Monumen Kapal Selam.

Tidak hanya sekedar monumen, kapal selam ini merupakan milik TNI Angkatan Laut dengan tipe SS Whiskey Class, yang dibuat di Vladivostok, Rusia tahun 1952. 

Kapal selam tersebut pernah ikut menjalankan tugas pertempuran laut antara Indonesia dan Belanda, di Laut Arafuru Maluku pada tahun 1962.

Beroperasi sejak tahun 1962, KRI Pasopati-410 saat itu bertugas membebaskan Irian Barat dari penduduk Belanda.

Kapal selam ini mempunyai tugas utama, yaitu menghancurkan garis musuh dengan mengadakan pengintaian dan melakukan serangan secara diam-diam.

BACA JUGA :

Usai bertugas, kapal selam ini dipensiunkan pada tanggal 26 Januari 1990 dan fungsinya diubah menjadi Monumen Kapal Selam untuk mengenang perjuangan Operasi Trikora.

Tidak hanya dijadikan sebagai monumen kenangan saja, pada tanggal 5 Juli 1998 Monumen Kapal Selam ini dibuka untuk masyarakat umum.

Sebanyak 7 ruangan di dalam kapal selam KRI Pasopati-410 dipamerkan untuk pengunjung, mulai dari tempat peluncuran torpedo, ruang pemancar radio dan ruang serbaguna.

Tidak hanya itu saja, terdapat ruang Pusat Informasi tempur yang berfungsi sebagai pusat pengaturan kapal saat berlayar ataupun saat serangan torpedo.

Kamu juga dapat melihat ruang tempat tidur anak buah kapal (ABK), ruang diesel, ruang kelistrikan dan ruang terakhir untuk torpedo buritan.

Monumen Kapal Selam Surabaya dapat kamu kunjungi pukul 08.00-16.00 WIB, untuk melihat kegagahan sejarah berwujud kapal milik Armada Divisi Timur. 

Tuahta Aldo

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.