Berisi Pohon Trembesi Berusia Ratusan Tahun, Hutan De Djawatan Kini Jadi Primadona Banyuwangi

Berisi Pohon Trembesi Berusia Ratusan Tahun, Hutan De Djawatan Kini Jadi Primadona Banyuwangi

Pohon trembesi di kawasan kawasan hutan De Djawatan Banyuwangi -(Tuahta Aldo / fin.co.id)-

FIN.CO.ID - De Djawatan Forest kini menjadi andalan wisata Banyuwangi, berisikan pohon-pohon trembesi raksasa yang memberikan kesan magis.

Memasuki kawasan hutan De Djawatan, kamu akan merasakan tengah dalam tempat tersembunyi yang jauh dari hiruk pikuk gemerlapnya kota Banyuwangi.

Berada di dalam hutan De Djawatan, pengunjung akan merasa dibawa ke masa lampau, saat daratan hanya ditumbuhi pohon dan hutan lebat.

Ditambah banyak pohon trembesi yang sudah bercabang dalam kondisi berlumut, menambah kesan eksotis hutan De Djawatan di tengah Kota Banyuwangi.

Kawasan wisata hutan De Djawatan memiliki luas 3,8 hektare dan menyimpan 805 koleksi pohon trembesi berukuran besar yang tumbuh sejak zaman Belanda.

Humas Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Didik Nurcahyo mengungkapkan, hutan De Djawatan ini sebelumnya merupakan Jawatan Benculuk.

BACA JUGA :

”Lokasi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, dipergunakan sebagai Tempat Penimbunan Kayu (TPK) dari hasil pengelolaan hutan milik Perhutani di Banyuwangi bagian selatan,” ungkap Didik Nurcahyo saat dikutip, Jumat 12 April 2024.

Menurutnya, ratusan pohon yang tertanam di hutan De Djawatan tersebut telah berumur sekitar 100  hingga 150 tahun dan tetap kuat sampai saat ini.

Pohon trembesi di hutan De Djawatan, memiliki keliling antara 400 sampai 500 centimeter. jika keliling pohon 400 cm, maka diameternya bisa msncapai 1,5 sampai 2 meter.

Kesan angker angker juga menyelimuti hutan De Djawatan ini, karena pohon trembesi di dalamnya hampir seluruh bagian tertutup oleh benalu atau pakis.

”Kalau usia pohon trembesi raksasa sudah ratusan tahun, rata-rata memiliki usia antara 100 hingga 150 tahun," ucapnya.

Kawasan wisata hutan De Djawatan, kini menjadi salah satu primadona yang harus kamu kunjungi jika tengah mengunjungi Banyuwangi.

Tuahta Aldo

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.