Waspada Penipuan Pekerjaan Part Time! Ini 3 Tips Jitu Agar Tak Terjebak

Waspada Penipuan Pekerjaan Part Time! Ini 3 Tips Jitu Agar Tak Terjebak

Tips Menghindari Penipuan Pekerjaan Part Time--Shopee for FIN.CO.ID

FIN.CO.ID - Berikut ini akan membagikan cara mengatasi penipuan berkedok pekerjaan part time

Media sosial dihebohkan dengan seorang iu Rumah tangga, bernama Jehan yang merupakan korban penipuan bermodus kerja paruh waktu. Ia kehilangan uang Rp131 juta hanya karena  terbuai dengan iming-iming komisi sebesar Rp20 ribu hingga Rp140 ribu per hari yang ditawarkan oleh pelaku penipuan.

Melalui unggahan Instagram @jehanmayazayanie, Jehan membeberkan awal mula kejadian penipuan yang menimpa dirinya pada pertengahan tahun lalu. Saat itu, ia dihubungi oleh oknum yang mengaku bernama Maria dan mengatasnamakan perusahaan e-commerce Shopee melalui WhatsApp. 

Dalam percakapan tersebut, Jehan ditawari kerja paruh waktu dengan tugas berupa memberikan like pada unggahan video produk di Shopee.

BACA JUGA:

Menurut pengakuannya, Jehan tergiur dengan upah yang dijanjikan. Ia pun diarahkan melanjutkan  komunikasi via Telegram. 

“Awalnya, pas udah nyelesain tugasnya, oknum tersebut beneran langsung mencairkan komisi dan ditransfer ke ShopeePay aku. Semuanya kelihatan profesional dan meyakinkan, sampai pas mau ngerjain tugas ke sembilan, aku diminta untuk deposit sejumlah uang yang nominalnya sangat besar,” ungkap Jehan.

Dalihnya adalah untuk meningkatkan angka penjualan produk dan iming-iming komisi sebesar 20 persen. Tidak tanggung-tanggung, dirinya mendepositkan uang kepada oknum tersebut dengan nilai fantastis hingga total ratusan juta rupiah.

“Dari uang deposit yang aku transfer ke oknum itu, aku mulai curiga dan ada yang enggak beres, nih. Beberapa kali aku transfer uang deposit, sampai di transferan yang ketiga, aku menagih uang deposit itu dikembalikan. Tapi oknum itu menolak dengan bermacam alasan, mulai dari proses validasi dulu ke OJK, bahkan sampai minta biaya admin untuk mencairkan deposit,” tambah Jehan.

Setelah mengalami ketidakjelasan dan tidak adanya kabar lanjutan, ia akhirnya menghentikan pekerjaan tersebut dan mencoba berbagai upaya agar uang deposit kembali kepadanya. Untuk mengantisipasi kejadian serupa yang menimpa kerabatnya, Jehan pun memberikan edukasi berupa tips untuk menangkal modus penipuan maupun hoaks yang marak terjadi saat ini melalui media sosial.

BACA JUGA:

Tips 3C untuk Menghindari Penipuan 

Maraknya modus penipuan seperti ini membuat Shopee secara konsisten melakukan edukasi kepadapenggunanya melalui berbagai channel media sosial. Shopee membangikan tips 3C untuk lebih berhati-hati jika mendapatkan informasi yang mengatasnamakan Shopee:

1. Cek Pengirimnya: semua informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsApp Shopee bercentang hijau dan media sosial resmi Shopee yang sudah terverifikasi.

Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.