Kuliner

Deretan Makanan Pengganti Nasi, Cocok Untuk Menu Diet

lifestyle.fin.co.id - 08/02/2024, 23:20 WIB

Makanan Pengganti Nasi Putih

FIN.CO.ID - Ketika merasa berat badan sudah tidak sehat, salah satu cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan menjaga asupan makanan dalam tubuh. 

Salah satu cara yaitu dengan mencoba berbagai alternatif makanan pengganti nasi, karena mengkonsumsi nasi berlebihan membuat rentan serangan diabetes.

Meski banyak orang yang menganggap belum makan jika belum makan nasi, nyatanya mengganti nasi adi pilihan yang tepat untuk yang sedang menjalani diet.

Mengganti nasi dapat menjadi pertimbangan untuk kesehatan tubuh yang lebih baik dan ideal, sehingga mendukung program diet kita sehari-hari.

BACA JUGA :

Terdapat makanan pengganti nasi yang dapat menjadi pilihan untuk mengisi kebutuhan karbohidrat harian, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Nasi Merah

Nasi merah sangat populer dikonsumsi untuk diet, karena teksturnya yang sama dengan nasi putih, serta kaya akan serat, magnesium dan zat besi. 

Memiliki kadar gulanya yang rendah serta kelompok karbohidrat komplek, nasi merah dapat membuat kita tidak cepat lapar karena dicerna lebih lama.

Untuk dapat menikmati nasi merah agar lebih ena ketika di makan, kamu perlu menggunakan banyak air agar ketika matang tidak keras. 

2. Shirataki

Sebagai pengganti nasi, Shirataki sangat cocok bagi orang-orang yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan.

Shirataki terbuat dari glucomannan sejenis serat dari tanaman umbi-umbian yaitu konnyaku, sehingga shirataki tidak mengandung gula.

Menjadi sumber karbohidrat yang ideal dengan tekstur yang kenyal, olahan shirataki umumnya terdiri dari dua jenis yaitu nasi dan mie.

BACA JUGA :

Tuahta Aldo
Penulis