Kuliner

Ini 16 Buah Untuk Berbuka Puasa, Bisa Kembalikan Cairan, Tambah Energi dan Elektrolit Tubuh yang Hilang

lifestyle.fin.co.id - 29/02/2024, 13:27 WIB

Kurma mengandung banyak serat, protein, dan mineral. Sumber foto: pixabay

FIN.CO.ID- Tubuh mengalami perubahan saat berpuasa termasuk fungsi enzim. Enzim yang biasanya dihasilkan sistem pencernaan perlahan berkurang.

Maka dari itu, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang baik untuk pencernaan, salah satunya buah.

Ya, mengonsumsi buah dapat membantu mengembalikan cairan, energi, serta elektrolit tubuh yang hilang.

Nah di bawah ini kami mengulas buah yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

1. Kurma

Kurma dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk berbuka puasa karena mengandung banyak serat, protein, dan mineral.  Kurma juga padat kalori sehingga bisa membuat tubuh berenergi kembali setelah seharian berpuasa.

2. Semangka

Buah semangka terkenal dengan kandungan airnya yang melimpah sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Anda akan mendapatkan asupan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit.

BACA JUGA: 

3. Anggur

Buah anggur bisa menjadi alternatif yang baik untuk berbuka puasa. Buah ini memiliki rasa segar dan manis yang dapat mengembalikan cairan dan gula di dalam tubuh. Selain itu, kandungan air dan seratnya bisa membantu mencegah sembelit.

4. Apel

Meski kandungan airnya tidak sebanyak semangka, buah apel mengandung serat yang bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam tubuh Anda, serat pada apel akan membantu menyiapkan organ-organ pencernaan untuk menerima makanan yang lebih padat.

5. Jeruk

Sebagian besar kandungan jeruk yaitu karbohidrat dan air, dengan gula berbentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Meski tinggi kandungan gula, buah jeruk tidak meningkatkan gula darah dengan cepat sehingga aman bagi penderita diabetes.

Eko Nugros
Penulis