Trend . 14/11/2024, 09:50 WIB
Penulis : Sigit Nugroho | Editor : Sigit Nugroho
fin.co.id — Di tengah hiruk-pikuk kegiatan industri dan transportasi yang semakin meningkatkan jejak karbon, sejumlah perusahaan dari Grup Astra menunjukkan komitmen besar dalam mendukung keberlanjutan lingkungan.
Sebagai bagian dari inisiatif menuju Net Zero Emission, Asuransi Astra, Astra Infra, dan Astra Property melakukan aksi nyata dengan menanam 3.000 bibit mangrove di Kawasan Mangrove Camar Tambakrejo, Semarang, pada 12-13 November 2024.
Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan bagian dari program Trip to Safety Campaign, yang selain berfokus pada keselamatan berkendara, juga berperan dalam pengurangan emisi karbon melalui aksi pelestarian alam.
Seiring dengan semakin kuatnya kesadaran akan pentingnya keberlanjutan, kegiatan ini turut menegaskan komitmen Astra Group dalam mencapai Sustainability Aspirations 2030.
Penanaman mangrove di Tambakrejo, yang terletak di pesisir Semarang, dipilih karena memiliki kemampuan luar biasa dalam menyerap karbon.
Mangrove dikenal sebagai tanaman yang memiliki kapasitas sangat besar untuk menyerap karbon dioksida dari atmosfer, bahkan lebih efektif dibandingkan dengan banyak jenis vegetasi lainnya.
Selain itu, ekosistem mangrove juga berfungsi untuk mencegah abrasi pantai, melindungi lingkungan pesisir, dan mendukung keanekaragaman hayati
Mengingat manfaat ekologis tersebut, Astra Group menganggap penanaman mangrove sebagai langkah strategis untuk mengimbangi emisi karbon yang dihasilkan dari kegiatan-kegiatan operasional mereka, termasuk selama kampanye Trip to Safety.
Dengan total 3.000 bibit mangrove yang ditanam, masing-masing perusahaan dalam Grup Astra berkontribusi melalui donasi bibit, yaitu Asuransi Astra sebanyak 2.000 bibit, Astra Infra 500 bibit, dan Astra Property 500 bibit.
Kegiatan penanaman ini juga sejalan dengan tujuan jangka panjang Astra Group dalam menciptakan dampak positif yang luas bagi masyarakat dan lingkungan.
Kawasan Mangrove Camar Tambakrejo, yang menjadi lokasi kegiatan, telah dikembangkan menjadi EduPark — sebuah kawasan edukasi lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian alam, terutama di kawasan pesisir.
Laurentius Iwan Pranoto, Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, menyatakan, "Melalui aksi penanaman mangrove ini, kami ingin menegaskan komitmen kami untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan mewujudkan keseimbangan karbon demi masa depan yang lebih baik. Kami percaya, langkah sederhana ini dapat berdampak signifikan dalam pelestarian lingkungan dan menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk berkontribusi dalam menjaga ekosistem pesisir."
Dengan begitu, langkah ini tidak hanya bermanfaat bagi alam, tetapi juga untuk masyarakat sekitar yang bisa memperoleh edukasi tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Aksi penanaman mangrove ini bukanlah satu-satunya inisiatif yang diambil dalam kampanye Trip to Safety. Kampanye ini memiliki dua tujuan utama yang saling melengkapi: pertama, meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara, dan kedua, mendorong perilaku lebih ramah lingkungan.
Kegiatan ini sejalan dengan komitmen Astra Group dalam mendorong kesadaran akan keselamatan berkendara, di mana Grup Astra memberikan solusi keselamatan mulai dari asuransi kendaraan, fasilitas jalan tol yang aman, hingga tempat istirahat bagi pengendara.
Salah satu contoh konkret adalah Rest Area Pendopo KM 456 yang dikelola oleh Astra Property, yang menyediakan fasilitas lengkap untuk pengendara, sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman.
PT.Portal Indonesia Media