Jadwal Malam Nisfu Syaban 2024, Lengkap dengan Amalannya

Jadwal Malam Nisfu Syaban 2024, Lengkap dengan Amalannya

Ilustrasi Nisfu Syaban 2024--uinsgd.ac.id

Keutamaan menjalankan Nisfu Syaban akan memberikan ampunan dari Allah SWT kepada seluruh makhlunya.  Hal ini direngkat dalam hadits riwayat al-Baihagi dari Abu I Tsalabah al-Khusyani.

صحيح وضعيف الجامع الصغير - (ج 2 / ص (273)

773 - إِذَا كَانَ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ اطَّلَعَ الله إلى خَلْقِهِ فَيَغْفِرُ لِلْمُؤْمِنِينَ وَيُقْلِي لِلْكَافِرِينَ وَيَدَعُ أَهْلَ الْحِقْدِ بِحِقْدِهِمْ حَتَّى يَدَعُوهُ . تخريج السيوطي ( هب ) عن أبي ثعلبة الخشني . تحقيق الألباني ( حسن ) انظر حديث رقم : 771 في صحيح الجامع .

"(Hadis) Jika ada malam pertengahan dari bulan Sya'ban, maka Allah memperhatikan makhluk-Nya dengan penuh rahmat. Allah akan mengampuni orang yang beriman, menangguhkan orang kafir dan meninggalkan orang yang iri dengan sifat iri hatinya hingga mereka meninggalkannya". As-Suyuthi berkata: "HR al-Baihaqi dari Abu I Tsalabah al-Khusyani". TAHQIQ AL-ALBANI "HASAN".(3)

Mengutip Kitab Fiqhus Sunnah tulisan Sayyid Sabiq, anjuran puasa Nisfu Syaban tercantum dalam hadits yang diriwayatkan Ibn Majah dari Mu'awiyah bin Abdillah bin Ja'far,

"Jika masuk malam pertengahan bulan Syaban maka salatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Karena Allah turun ke langit dunia ketika matahari terbenam..."

Terdapat dalil Shahlil yang sebut Nabi SAW palin banyak berpuasa di bulan Syaba. Sebagaimana diriwayatkan oleh Aisyah RA.

"Tidaklah aku melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan tidaklah aku melihatnya puasa paling banyak dalam sebulan, kecuali bulan Syaban." (HR Bukhari dan Muslim)

Salat Wajib Berjamaah

Mengawali malam nisfu Syaban dapat dengan mengerjakan salat Magrib berjemaah.

Begitu pula dengan salat Isya dan Subuh nantinya. Alangkah baiknya jika keduanya juga dikerjakan secara berjemaah.

Salah satu alasan utama dianjurkan mengerjakan salat secara berjemaah adalah karena permohonan pahala dari Allah lebih mudah dikabulkan jika dilakukan secara berjemaah ketimbang sendirian.

Membaca Surah Yasin

Buya Yahya juga menyinggung tentang hukum membaca Surah Yasin di malam nisfu Syaban. Ia mengatakan, boleh-boleh saja membaca Surah Yasin di malam tersebut karena itu termasuk tawassul (mendekatkan diri kepada Allah) dengan amal saleh.

"Boleh saja (membaca Surah Yasin), itu bab tawassul dengan amal saleh. Anda boleh membaca Surah Yasin sekali, dua kali, tiga kali," kata Buya Yahya.

Waktu mengamalkannya sendiri, Buya Yahya menjelaskan, bisa kapan saja, entah itu selepas salat Magrib atau salat Isya. Bahkan meniatkan membaca surah Yasin untuk hajat tertentu insyaallah juga tidak menjadi masalah.

"Anda membaca Surah Yasin dengan niat panjang umur, rezeki luas, husnul khotimah, sah-sah saja. Karena itu adalah termasuk tawassul dengan amal saleh," pungkasnya.

BACA JUGA:

Berikut ini akan memberikan tata cara daan doa puasa Nisfu Syaban.

Puasa Nisfu Syaban 2024

Gatot Wahyu

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.