Berikut 9 Tips Belanja yang Hemat dan Praktis Menyambut Ramadan

Berikut 9 Tips Belanja yang Hemat dan Praktis Menyambut Ramadan

Ramalan Zodiak Virgo Sabtu 6 April 2024, Manjakan Diri dengan Belanja Uang Tak Terduga!--

FIN.CO.ID - Tak terasa bulan Ramadan akan segera tiba. Nah biasanya, kita  mulai membereskan rumah hingga berbelanja berbagai kebutuhan. Masalahnya, seakan sudah menjadi tradisi harga bahan kebutuhan pokok naik menjelang Ramadan.

Karena itu, kamu perlu mengelola keuangan dengan baik dan mempersiapkan strategi belanja agar kantongmu tidak kering. Berikut sederet tips belanja keperluan Ramadan yang hemat dan praktis.

1. Membuat alokasi gaji

Yang pertama adalah mengenali kondisi finansial dan membuat strategi alokasi gaji yang tepat. Terlebih jika kamu berencana hendak memberi bingkisan berupa hampers Ramadan kepada keluarga dan kerabat. Artinya, pengeluaran dan pemasukanmu harus diatur sedemikian rupa.

Dalam hal ini, kamu mungkin bisa menerapkan metode 50/30/20. Mengalokasikan 50 persen penghasilan untuk kebutuhan, 30 persen untuk keinginan, dan 20 persen untuk investasi dan sedekah.

Penting untuk diketahui, prioritas utamamu adalah memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Jadi, jangan mengorbankan pos ini untuk memenuhi pos pengeluaran lainnya supaya kamu tidak kesulitan menjalani hidup ke depannya.

BACA JUGA: 

2. Membuat meal plan

Persiapan bulan Ramadan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat meal plan atau rencana menu makanan sehari-hari.  Meal plan bisa membantumu menjadi lebih bijak dalam berbelanja kebutuhan sahur dan buka puasa.

Selain itu, dengan membuat meal plan, kamu memiliki patokan dan tidak akan kebingungan untuk memasak menu sahur dan berbuka. Tak hanya itu, memasak makanan sendiri juga membuat pengeluaranmu lebih hemat.

3. Membuat daftar belanja

Setelah membuat meal plan, tips selanjutnya adalah menyusun daftar belanja sesuai apa yang kamu butuhkan untuk sahur dan berbuka. Selain itu, kamu mungkin bisa memasukkan berbagai kebutuhan rumah agar tidak perlu bolak-balik ke supermarket. Pastikan daftar belanjamu sesuai kebutuhan sehingga kamu tidak akan kalap saat bereda di supermarket. Sehingga pengeluaranmu terjaga.

4. Belanja grosir

Menjelang puasa, biasanya harga bahan pokok dan kebutuhan lain naik. Maka, ada baiknya jika kamu langsung berbelanja dalam jumlah besar sekali waktu agar lebih hemat. Selain itu, dengan membeli keperluan secara grosir, pedagang akan memberikan diskon atau penawaran menarik lainnya.

5. Stok persedian selama Ramadan

Bulan Ramadan biasanya identik dengan makanan atau minuman tertentu misalnya kurma, sirup, madu dan bahan makanan lainnya. Untuk itu, kamu mungkin bisa belanja langsung dalam jumlah banyak untuk persiapan Ramadan.

Selain itu, kamu mungkin bisa menyetok beberapa frozen food. Bahan makanan semacam ini sangat berguna bila kamu bangun mendekati waktu imsak.

6. Mencari tahu promo dan diskon Ramadan

Tips belanja kebutuhan Ramadan selanjutnya adalah memanfaatkan promo dan diskon di supermarket atau toko yang ada di sekitarmu. Umumnya, supermarket akan memberikan promo khusus dan diskon Ramadan. Kamu bisa memantau lewat media sosial atau akun informasi promo dan diskon. Dengan begitu kamu bisa menekan pengeluaranmu.

7. Kenali skala prioritas

Kerap kali, aktivitas belanja bulanan membuat orang cenderung kalap dan boros. Keberadaan diskon dan promo Ramadan jika tidak disikapi dengan bijak juga malah mendorong untuk berperilaku konsumtif. Karena itu, kamu perlu menyusun skala prioritas dalam daftar belanja dan pos-pos pengeluaranmU agar apa yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan.

8. Atur budget ngabuburit dan bukber

Banyak orang tergoda untuk membeli ini dan itu demi memenuhi keinginanya menjelang buka puasa. Padahal, kamu sebenarnya tidak terlalu membutuhkan alias hanya keinginan sesaat.

Untuk itu, penting mengontrol keinginan. Salah satunya dengan mengatur budget jajan baik untuk ngabuburit, berburu takjil, hingga buka bersama.

9. Sisihkan anggaran untuk sedekah dan zakat

Jangan lupa menyisihkan anggaran untuk membayar zakat dan bersedekah. Sebab, zakat dan sedekah adalah salah satu cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan berkah Ramadan. Jangan sampai di bulan Ramadan, kamu terlalu fokus dengan hal-hal duniawi dan lupa untuk berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan.

Semoga bermanfaat dan selamat menyambut bulan Ramadan!

Eko Nugros

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.