Mengenal 6 Ragam Kopi Lokal dan Ciri Khasnya!

Mengenal 6 Ragam Kopi Lokal dan Ciri Khasnya!

Ayo, Mengenal 6 Ragam Kopi Lokal dan Ciri Khasnya!-SUMBER : FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Indonesia merupakan salah satu negara terbesar penghasil kopi di seluruh dunia. Hal ini wajar, karena hampir setiap wilayah di Indonesia memiliki perkebunan kopi dengan metode pengolahan yang khas.

Variasi cita rasa dan karakteristiknya sangat beragam, menjadikan produk kopi Nusantara semakin terkenal.

Berkat keunikan rasanya, kopi dari berbagai daerah di Indonesia tidak hanya diminati oleh penduduk setempat, tetapi juga oleh wisatawan dan konsumen dari berbagai belahan dunia.

Berikut adalah tujuh jenis kopi Nusantara beserta ciri khasnya yang perlu Anda ketahui!

1. Kopi Gayo

Di ujung barat Indonesia, terdapat dua varietas kopi yang dihasilkan: Arabika dan Robusta. Namun, yang paling terkenal dari Aceh adalah kopi Arabika Gayo, dipuja sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Kopi Gayo Aceh ditandai dengan aroma yang sangat kuat dan tidak meninggalkan rasa pahit yang bertahan lama di lidah, seperti kebanyakan kopi lainnya. Ini adalah alasan utama di balik popularitas yang besar dari kopi Aceh Gayo.

2. Kopi Lampung

Tidak seperti Aceh Gayo yang dikenal dengan kopi Arabikanya, kopi Lampung lebih fokus pada varietas Robusta. Kopi asal Lampung ini ditandai dengan tekstur yang halus namun memiliki rasa yang kuat.

Metode pengolahan biji kopi Lampung menggunakan metode dry processing, yang dipercayai menjadi faktor utama dalam menciptakan cita rasa dan karakteristik yang khas.

3. Kopi Toraja

Dikenal juga dengan nama Celebes Kalossi, kopi Sulawesi memiliki aroma yang khas dan harum. Keistimewaannya terletak pada tingkat keasaman yang rendah.

Kopi Toraja, khususnya, ditandai dengan rasa bunga dan buah yang kuat. Rasanya yang khas, dengan sedikit keasaman dan sentuhan pahit, memberikan aftertaste yang unik pada lidah.

4. Kopi Jawa

Biasanya, di Jawa, biji kopi diproses dengan metode wet processing, yang menghasilkan rasa yang agak berbeda dan tidak sekuat biji kopi dari Sumatera atau Sulawesi.

Namun, kopi Arabika dari Jawa sangat disukai karena rasa yang dianggap 'seimbang'. Tingkat keasaman yang sedang dan tekstur yang tidak terlalu pekat, ditambah dengan aroma rempah yang lembut, memberikan karakteristik unik saat dinikmati.

5. Kopi Bali Kintamani

Ciri khas kopi Nusantara ini adalah kesegaran rasa asam yang mirip dengan jeruk. Aromanya dianggap eksotis dan memiliki tekstur yang ringan, sehingga kopi ini tidak terlalu pahit dan tidak meninggalkan aftertaste yang kuat. Karena itu, kopi jenis ini mungkin lebih disukai oleh orang-orang yang tidak terlalu menyukai kopi dengan tekstur yang 'berat'.

6. Kopi Flores Bajawa

Kopi Arabika dari Flores Bajawa memiliki tingkat keasaman yang sedang dan rasa yang ringan. Selain aroma yang menarik, kopi ini juga dikenal dengan rasa manis serta cita rasa kacang-kacangan dan herbal yang khas.

Keistimewaan ini mungkin tidak dapat ditemukan di kopi-kopi lain. Tidak mengherankan jika kopi Flores Bajawa ini dapat diterima dengan baik di pasar internasional karena keunggulannya tersebut, bukan?

Inilah 6 jenis kopi unggulan dari Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Meskipun banyak daerah yang memproduksi kopi Arabika, kopi Robusta Nusantara juga memiliki popularitasnya sendiri.

Seperti biji kopi dari aroma kuat dan rasa yang khas yang bisa dinikmati baik dalam keadaan panas maupun dingin. Kopi hitam tanpa ampas ini bisa disajikan sesuai dengan selera, dengan atau tanpa tambahan krimer dan gula. Sudahkah Anda mencoba?

 

Mega Oktaviana

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.