Trend

Apa Itu Afirmasi? Yuk, Simak Pengertian, Manfaat, dan Contohnya Berikut Ini

lifestyle.fin.co.id - 03/07/2024, 12:45 WIB

Ilustrasi seseorang melakukan afirmasi positif di depan cermin (Unsplash/ Caroline Veronez)

fin.co.id - Apa itu afirmasi? Belakangan istilah ini ramai disebut di berbagai konten sosial media, yang membuat banyak orang penasaran.Istilah afirmasi berkaitan dengan hal-hal positif di sekitar kita. Afirmasi adalah kata-kata positif yang digunakan untuk memberikan penegasan kepada diri sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), afirmasi adalah penetapan positif, penegasan, dan peneguhan.  Afirmasi dapat diartikan sebagai kalimat atau pernyataan, untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar seseorang.

Afirmasi ini bisa dicerna oleh otak secara langsung, yang kemudian membentuk perilaku, pola pikir, kebiasaan, dan lingkungan sekitar. Tak heran, afirmasi bisa mengubah kehidupan seseorang.

Contohnya, seseorang yang tadinya selalu berpikiran negatif dan sering stres, menjadi punya pikiran positif dan tenang saat menghadapi kehidupan, serta lingkungan sosial. Afirmasi dibutuhkan untuk mencapai tujuan untuk membangun kepercayaan diri. Adanya afirmasi membantu kesejahteraan dan keberhasilan individu.

Baca Juga

Manfaat Melakukan Afirmasi Positif

  • Menimbulkan Rasa Percaya Diri

Afirmasi memiliki manfaat untuk membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Afirmasi bisa membuat kamu percaya bahwa kamu memiliki kelebihan, kreatif, bisa melalui segala rintangan, dan merupakan pribadi yang kuat.

  • Mencegah Depresi

Kesehatan mental harus dijaga agar seseorang tidak mudah depresi. Kamu harus menyemangati diri sendiri dengan afirmasi positif agar tidak mudah depresi dan kuat menghadapi setiap masalah yang ada.

Pikiran negatif dan perilaku negatif bisa membuat sistem imunitas tubuh menjadi lemah. Pikiran negatif bisa membuat seseorang menjadi stres, overthinking, kemudian menjadi susah untuk tidur.

Jika kamu memberikan afirmasi positif terhadap diri sendiri, hal ini akan membuat dirimu lebih bahagia. Secara sederhana, pikiran positif dapat menimbulkan rasa bahagia hingga terhindar dari depresi.

  • Menimbulkan Ketenangan dan Rasa Bahagia

Pada saat mengutarakan afirmasi positif kepada diri sendiri, kamu akan merasakan kenyamanan, serta ketenangan hati dan pikiran. Afirmasi positif bisa membuatmu lebih tenang dan yakin, bahwa kamu bisa melalui setiap harinya dengan kuat.

Baca Juga

Afirmasi positif bahkan juga bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

  • Mengingat Hal-Hal Kecil

Manfaat lain afirmasi yaitu mengingat pentingnya hal-hal kecil. Terkadang pemikiran kecil cenderung diremehkan seseorang.

Adanya afirmasi membantu menghargai kegiatan atau aktivitas kecil. Selain itu afirmasi positif membuat seseorang menghargai berbagai kegiatan dan fokus pada tujuan.

  • Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular

Beberapa penelitian menemukan hubungan afirmasi positif yang mengubah suasana hati. Hasil penelitian tersebut menunjukkan optimisme dapat mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lain.

Contoh Afirmasi

Berikut contoh aifrmasi positif untuk meningkatkan semangat menjalani hari:

  • 1. Aku percaya dan yakin pada diriku sendiri
  • 2. Aku harus makan, olahraga teratur, dan banyak istirahat untuk menikmati kesehatan
  • 3. Aku menarik kemakmuran dan kesuksesan ke dalam hidupku
  • 4. Setiap hari aku melakukan yang terbaik untuk kemajuan dalam hidup
  • 5. Aku sudah tidak sabar dengan kejutan manis yang Tuhan berikan untukku
  • 6. Saya pantas mendapatkan cinta, rasa hormat, dan kebahagiaan dalam hidup saya
  • 7. Saya selalu berusaha menjadi versi terbaik dari diri saya sendiri
  • 8. Keberanian saya untuk mencoba hal-hal baru membantu saya tumbuh dan berkembang
  • 9. Tubuhku adalah tubuh yang sehat. Saya memiliki pemikiran yang cerdas dan jiwa yang tentram.
  • 10. Saya percaya bahwa saya dapat melakukan hal ini dan mendapatkan hasil yang saya inginkan.

Amanda
Penulis