Itikaf di Bulan Ramadhan: Ini Bacaan Niat, Tata Cara, dan Jadwal Pelaksanaan

Itikaf di Bulan Ramadhan: Ini Bacaan Niat, Tata Cara, dan Jadwal Pelaksanaan

Itikaf di Bulan Ramadhan: Ini Bacaan Niat, Tata Cara, dan Jadwal Pelaksanaan--freepik.com

FIN.CO.ID - Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan. Di bulan ini, umat Islam di seluruh dunia berbondong-bondog melakukan berbagai amalan ibadah, salah satunya itikaf.

Itikaf merupakan salah satu amalan yang dilaksanakan pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Ibadah ini mengharuskan untuk berdiam diri di dalam masid dengan niat mencari keridaan Allah SWT.

Ketika itikaf, kalian dapat berzikir, bertasbih, membaca Al Quran, bermuhasabah, mengingat hari akhir, mendengarkan nasihat agamar, dan hal lainnya bisa membuatmu merasa dekat dengan Allah SWT.

Sebelum melakukannya, berikut ini akan memberikan bacaan niat, waktu, tata cara, dan keutamaannya.

BACA JUGA:

Jadwal Waktu Beritikaf Bulan Ramadhan

Dilansir dari muhammadiya.or.id, itikaf dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Hadis riwayat Aisyah r.a menuliskan;

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَعْتَكِفُ اْلعَشَرَ اْلأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ. [رواه مسلم]

Artinya: "Bahwa Nabi Saw melakukan itikaf pada hari kesepuluh terakhir dari bulan Ramadhan, (beliau melakukannya) sejak datang di Madinah sampai beliau wafat, kemudian istri-istri beliau melakukan itikaf setelah beliau wafat." [HR. Muslim]

Berdasarkan dalil di atas, itikaf dapat dilakukan setiap waktu di bulan Ramadan, tetapi sunnah Rasul mengatakan biasanya ibadah ini dilakukan pada 10 hari terakhir di Ramadan.

Itikaf tidak terkait oleh waktu dan tidak ditentukan batasan waktunya, artinya dapat dilakukan sehari semalam atau dalam beberapa waktu tertentu, baik selama satu jam, dua jam, tiga jam, dan seterusnya.

Niat Itikaf

Dilansir dari nu.or.id  ibadah ini dikerjakan di masjid dan perlu dengan niat. Terdapat tiga niat itikaf berdasarkan kondisi masing pembacanya.

1. Niat untuk i'tikaf mutlak

نَوَيْتُ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ للهِ تَعَالَى

Arab-latin: Nawaitu an'itikafa fi hadzal masjidi lillahi ta'ala.

Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.