Ustaz Kyoichiro Sugimoto Terjemahkan Al Quran ke Bahasa Jepang, Bagaimana Ceritanya?

Ustaz Kyoichiro Sugimoto Terjemahkan Al Quran ke Bahasa Jepang, Bagaimana Ceritanya?

Ustaz Kyoichiro Sugimoto​​​​ Terjemahkan Al Quran Bahasa Jepang-fin/hajjsugimoto-Instagram

“Biasanya para mualaf baru belajar Al Quran setelah memeluk Islam. Hanya sebagian kecil yang masuk Islam karena membaca Al Quran terlebih dahulu. Sejauh ini dalam tiga tahun terakhir, saya sudah menyaksikan 190 orang bersyahadat di Jepang,” urainya.

BACA JUGA:


Ustaz Kyoichiro Sugimoto​​​​ Terjemahkan Al Quran Bahasa Jepang-fin/diolah-

Dalam dakwah kepada orang Jepang, Ustaz Sugimoto mengatakan kiat yang dilakukan adalah menjelaskan dengan menggunakan logika agar pesan tersebut bisa diterima.

“Bagaimana menjelaskan secara logis keberadaan Allah meskipun kita tidak dapat melihat-Nya dengan menggunakan contoh yang sangat sederhana,” tukasnya.

Dia menuturkan kebanyakan orang Jepang mengimani politeisme atau Tuhan yang lebih dari satu. Sementara dalam Islam meyakini tiada Tuhan selain Allah.

“Jika kita bilang hanya ada satu Tuhan, maka orang Jepang akan tersinggung dan menganggap kita intoleran atau sangat eksklusif. Tapi jika kita bilang tiada Tuhan selain Allah itu artinya sangat berbeda,” terang Ustaz Sugimoto.

Berdasarkan riset yang dilakukannya, Tuhan yang yakini orang Jepang lebih merepresentasikan jin dan Al Quran dan hadis tidak pernah menampik keberadaan jin.

“Tidak ada kontradiksi antara keberadaan Allah dan jin. Sehingga kita bisa memahami struktur keyakinan mereka. Saat mereka memahami struktur ini, semuanya masuk akal,” tukasnya.

Dalam dakwahnya, Ustaz Sugimoto juga menjelaskan Asmaul Husna yang merupakan 99 nama Allah yang mengandung nilai kebaikan yang universal.

“Pesan ini sangat universal. Bahkan untuk orang Jepang ini sangat bisa dipahami. Sehingga, orang Jepang merasa bahwa Muslim bukan teroris. Melainkan manusia normal yang bisa diajak berkomunikasi," pungkas Ustaz Sugimoto. 

BACA JUGA:3 Rahasia untuk Khatam Al-Quran di Bulan Ramadan

BACA JUGA:Kabar Gembira, Warga Aceh Punya Al-Qur'an Terjemahan Bahasa Gayo

 

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.