Jangan Terlewat! Catat Waktu Tepat Bayar Zakat Fitrah 2024

Jangan Terlewat! Catat Waktu Tepat Bayar Zakat Fitrah 2024

Foto: Ilustrasi Freepik.com--

Hadis terkait dengan zakat fitrah adalah hadis dari Abu Sa’id Al-Khudri ra. beliau berkata, "Kami diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah, yakni sebanyak satu sha' kurma, atau satu sha' jelai, atau satu sha' gandum, atau satu sha' kismis kepada orang-orang miskin." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Doa Zakat Fitrah

اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَصَلَاتَنَا وَزَكَاةَ الْفِطْرِ، وَتَقَبَّلْهَا مِنَّا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya: Ya Allah, terimalah dari kami puasa kami, shalat kami, zakat fitrah kami, dan terimalah dari kami, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih.

Selain doa dan niat zakat fitrah di atas, sebaiknya kita juga berusaha untuk mengeluarkan zakat fitrah secepatnya sebelum hari raya Idul Fitri tiba, agar zakat fitrah bisa digunakan oleh orang-orang yang membutuhkannya di hari raya tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah. Dengan memahami ketentuan ini, diharapkan umat Islam dapat melaksanakan kewajiban agamanya dengan tepat waktu dan penuh keberkahan.

BACA JUGA:

Giska Cyrilla

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.