Kesehatan

Selain Meningkatkan Energi, Berikut 5 Manfaat Secangkir Kopi Hitam untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui Orang

lifestyle.fin.co.id - 11/05/2024, 13:02 WIB

Selain Meningkatkan Energi Tubuh, Berikut 5 Manfaat Secangkir Kopi Hitam untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui Orang

FIN.CO.ID - Minum setidaknya satu cangkir kopi hitam sehari ternyata bisa memberikan dampak menguntungkan bagi kesehatan tubuh Anda. Manfaat kopi hitam dalam membantu menjaga kesehatan tubuh  telah dibuktikan dalam  penelitian multidisiplin.

Menyeduh secangkir kopi hitam dapat membantu Anda menenangkan diri, mendapatkan kembali fokus, dan bahkan  membantu meningkatkan produktivitas Anda.

Manfaat kopi hitam bagi kesehatan Di bawah ini adalah beberapa manfaat secangkir kopi hitam bagi tubuh yang bisa diperoleh dari berbagai kandungan di dalamnya.

BACA JUGA:

1. Meningkatkan energi tubuh

Kopi merupakan salah satu jenis biji-bijian yang sering diolah sebagai minuman  kaya  kafein dengan kandungan cukup tinggi.

Kafein  pada kopi dapat berperan sebagai stimulan sistem saraf pusat, membantu melawan rasa lelah dan meningkatkan energi tubuh.

Dalam hal ini, kandungan  kafein  akan berperan sebagai penghambat reseptor neurotransmitter yang biasa disebut adenosin.

BACA JUGA:

Peran kafein adalah meningkatkan kadar neurotransmitter  di  otak  sehingga otak dapat memaksimalkan energi tubuh.

2. Mengurangi risiko diabetes

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi setidaknya satu cangkir kopi hitam per hari dapat membantu mengurangi risiko  terkena  diabetes.

Hal ini disebabkan  kemampuan kafein dalam menjaga sel beta pankreas tubuh  yang  memproduksi insulin yang bertugas mengendalikan kadar gula darah.

Selain itu, kopi hitam  kaya akan  antioksidan yang berperan penting dalam meningkatkan sensitivitas insulin, membantu mengatur metabolisme tubuh, dan mencegah  peradangan pada tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Noerma Puspita
Penulis