Misteri Suku Mante: Kisah Sebuah Video Viral dan Jejak Kehidupan di Belantara Aceh

Misteri Suku Mante: Kisah Sebuah Video Viral dan Jejak Kehidupan di Belantara Aceh

Foto: Ilustrasi--

FIN.CO.ID - Suku Mante, sebuah misteri yang menjadikannya buah bibir di Aceh, terutama setelah sebuah video menampilkan sosok mungil menjadi viral di dunia maya.

Video tersebut menduga-duga bahwa sosok tersebut adalah manusia Mante, yang diyakini hidup di pedalaman hutan Aceh dan telah menjadi legenda di wilayah tersebut.

Suku Mante diyakini telah hadir di Aceh sejak ribuan tahun sebelum Masehi. Mereka digambarkan memiliki tubuh yang kecil, bungkuk, dan kaki yang mungil, namun sangat gesit saat berlari.

Tersebar di berbagai wilayah di Aceh, seperti Aceh Timur, Aceh Besar, Pidie, hingga dataran tinggi Gayo, Suku Mante menjadi bagian penting dari keberagaman budaya di Aceh.

BACA JUGA: 


Video Penampakan Suku Mante-fin/@Maeyaagustina -X Twitter

Menurut sejarawan dan arkeolog Aceh, Husaini Ibrahim, asal-usul Suku Mante berasal dari rumah 12 yang ada di Aceh Besar ribuan tahun yang lalu. Mereka membangun tempat hunian khas masa lalu di Aceh Besar, kemudian menyebar ke lokasi lain karena tekanan dari kedatangan pendatang yang membawa pengaruh dari berbagai peradaban, seperti Hindu, Buddha, dan Islam.

"Awalnya mereka membuat rumah 12 di Aceh Besar. Kemudian menyebar ke lokasi lain karena terdesak pengaruh saat masuk orang Hindu, Buddha, orang Islam," ujar Husaini kepada Okezone di Banda Aceh.

Meskipun cerita tentang 12 rumah tersebut tidak diuraikan secara rinci, namun asal-usul Suku Mante yang bermula dari Aceh Besar telah menjadi bagian dari sejarah Aceh. Seiring dengan bertambahnya jumlah pendatang dan perkembangan peradaban di Aceh, Suku Mante memilih untuk mengasingkan diri ke hutan.

Hingga kini, Suku Mante masih dipercaya hidup di hutan-hutan Aceh, menjaga jarak dari peradaban modern. Meskipun begitu, mereka tetap diakui sebagai manusia dengan tinggi rata-rata sekitar 60 sentimeter, dengan yang tertinggi mencapai 1 meter.

Keberadaan Suku Mante, dengan sejarahnya yang kaya dan kehidupan yang dipenuhi dengan misteri, menambah warna dalam keberagaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Meskipun masih banyak yang perlu dipelajari dan dipahami tentang mereka, keberadaan Suku Mante adalah sebuah pengingat akan kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.


Video Penampakan Suku Mante -fin/@Maeyaagustina -X Twitter

BACA JUGA:

Giska Cyrilla

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.