Chinese dan Lunar New Year Ternyata Berbeda! Berikut Penjelasannya

Chinese dan Lunar New Year Ternyata Berbeda! Berikut Penjelasannya

Sumber: Pexels.com--


FIN.CO.ID - 
Tak terasa tahun baru Imlek akan kita rayakan sebentar lagi dan akan jatuh pada tanggal 10 Februari 2024. Tentunya ada banyak sekali persiapan serta hal-hal yang harus diperhatikan bagi yang merayakan Imlek ini.

Selain dari tradisi serta untuk meneruskan budaya turun temurun, tahun baru Imlek ternyata memiliki fakta menarik yang bebreda dengan Lunar New Years. Walaupun keduanya sering sekali diartikan memiliki perayaan yang sama, ternyata baik Chinese dan Lunar New Year memiliki perayaan yang berbeda.

Adapun fakta-fakta menarik dan perbedaan signifikan yang perlu kamu ketahui terkait dengan perbedaan dari perayaan tahun baru Imlek dengan Lunar New Year yang masih disalahpahami hingga saat ini.

Penjelasan Tahun Baru Imlek dengan Lunar New Year

Seperti yang kita ketahui, Tahun Baru Imlek merupakan perayaan yang dirayakan oleh orang yang berasal asli dari Cina atau keturunannya. Ketika berbicara dengan orang China asli, lebih disarankan untuk menggunakan istilah Chinese New Year atau Spring Festival. Secara keduanya adalah sebutan resmi di negara Tiongkok.

Sebaliknya pengertian dari Lunar New Year sendiri adalah istilah yang lebih umum. Istilah Lunar New Year ini mencakup semua perayaan yang menandai tahun baru menurut kalender lunar.

Dalam konteks di luar negara Cina, menyebut Tahun Baru Imlek sebagai Lunar New Year atau Lunar New Year mungkin tidak dianggap sebagai hal yang sensitif dan menyinggung karena mengabaikan budaya lain, yang semuanya memiliki tradisi, kepercayaan, dan perayaan unik mereka sendiri.

BACA JUGA:


Sumber: Pexels.com--

Perbedaan Tanggal antara Tahun Baru Imlek dengan Lunar New Year

Yup, kamu tidak salah dengar. Perayaan Imlek dengan Lunar New Year jatuh di tanggal yang berbeda. Diketahui, beberapa negara berbagai interpretasi kalender China, seperti Vietnam, Jepang, dan Korea. Maka dari itu, perayaan tahun baru Imlek yang dilakukan oleh mereka memiliki waktu yang sama atau hampir sama.

Tapi, ada juga beberapa negara atau budaya lain yang menggunakan kalender lunar milik mereka sendiri, yang mana tahun baru Imlek pun jatuh di waktu yang berbeda pula.

Misalnya, di dalam kalender lunar Mongolia, kalender Islam dan kalender Yahudi, secara keseluruhan mempunyai bulan dan siklus yang berbeda. Hal itu juga sama seperti tahun baru Imlek yang jatuh pada tanggal yang berbeda pula.

Penyebutan untuk Tahun Baru Imlek yang Benar

Rangga Dipa

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.