Apa Arti di Balik Ucapan Imlek: Gong Xi Fa Cai? Ini Penjelasannya!

Apa Arti di Balik Ucapan Imlek: Gong Xi Fa Cai? Ini Penjelasannya!

Sumber: Fufurasu.org--

FIN.CO.ID - Hari Raya Imlek jatuh pada tanggal 10 Februari 2024, di mana bagi warga keturunan Cina baik yang tinggal di Indonesia atau bahkan di luar negeri akan merayakan hari yang penuh dengan keberkahan ini.

Ucapan Imlek 2024 yang paling terkenal adalah Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuaile. Tahukah Anda apa artinya? Ucapan Imlek Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuaile ini sering didengar saat datangnya tahun baru China.

Dalam Bahasa Indonesia Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuaile artinya selamat tahun baru, semoga mendapatkan kebahagiaan, keberhasilan, kemakmuran, dan menghasilkan lebih banyak uang atau keuntungan.

Lantas, apa saja makna ucapan Gong Xi Fa Cai secara mendalam ini?

Gong Xi Fa Cai Memiliki Arti yang Sangat Mendalam

Seperti yang kita ketahui Gong Xi Fa Cai Dalam bahasa Mandarin, Gong Xi Fa Cai berarti "selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran". Sementara, dalam terjemahan bahasa Kantonis, ucapan tersebut berarti "mengharapkan kebahagiaan dan kemakmuran bagimu".

Adapun jika ditarik dalam garis historis upacara Imlek ini memiliki kisah yang sangat penting untuk diingat. ucapan Gong Xi Fa Cai berawal dari kata Gong Xi, yang berarti selamat. Sementara kata Fa Cai, berasal dari sebuah kesejahteraan atau kekayaan yang berkembang mengikuti zaman.

Nah, setelah mengetahui makna dari ucapan tersebut, kamu sudah siap untuk mengucapkannya dengan benar, kan?

BACA JUGA:


Sumber: Fufurasu.org--

Mengungkapkan Gong Xi Fa Cai dengan Tulus dan Meyakinkan

Pada perkembangannya, ucapan Gong Xi Fa Cai di Indonesia sendiri pernah mengalami diskriminasi khususnya saat pemerintahan Presiden Soeharto. Di mana ucapan tersebut dan perayaan Imlek dilarang selama 32 tahun.

Namun, semua itu berubah sejak di bawah kepemimpinan Presiden BJ Habibie dan Presiden Abdurrahman Wahid, yang mana melalui Inpres Nomor 6 Tahun 2000, perayaan Imlek kembali diizinkan dan hal ini menebarkan suka cita bagi rakyat Indonesia khususnya warga keturunan Tiongkok.

Oleh karena itu, ucapan Gong Xi Fa Cai jika diucapkan dengan tulus dan meyakinkan tentu akan memberikan efek yang sangat baik entah bagi yang mendengar ataupun yang mengucapkan.

Penggunaan kata Gong Xi Fa Cai dimulai sejak beberapa abad yang lalu. Bila dikaitkan dengan legenda, ucapan tersebut memiliki arti memberi selamat ketika penduduk China berhasil menangkal binatang buas bernama Nian yang mengejar masyarakat Tiongkok dan juga anak-anak.

Sementara di luar dari legenda, 'Gong Xi' merupakan ucapan selamat merayakan hari raya diantara para penduduk China. Selain itu, ucapan tersebut juga untuk merayakan berlalunya musim dingin yang luar biasa kerasnya.

Rangga Dipa

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.