4 Syarat Sah Puasa bagi Kaum Muslimin, Catat dan Terapkan!

4 Syarat Sah Puasa bagi Kaum Muslimin, Catat dan Terapkan!

Sumber: Pexels.com--

FIN.CO.ID - Memasuki bulan Ramadan, umat muslim seluruh dunia tentunya sudah merindukan kewajiban serta suasana yang ditawarkan oleh bulan penuh berkah ini. Maka, para umat Islam akan berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik.

Seperti yang tertuang pada Hadits Riwayat Ahmad, bahwa Rasullulah SAW bersabda: Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.

Dan juga ada Quran Surah Al-Baqarah: 183 yang berseru: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Lantas apa saja 4 syarat berpuasa yang wajib diterapkan oleh Ummat Islam.

1. Beragama Islam dan Hanya Menyembah Kepada Allah SWT


Sumber: Pexels.com--

Salah satu syarat wajib bagi ummat Muslimin untuk berpuasa adalah Beragama Islam dan tentunya menyembah hanya kepada Allah SWT. Hal ini tentu karena hakekat puasa adalah ingin berserah diri dan menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT.

Jika kamu tidak beragama Islam, tentu niat serta hasil dari puasanya bukan hanya karena Allah melainkan sebab lain. Oleh karena itu, berpuasa bagi ummat Muslimin adalah berserah diri kepada Allah SWT bukan karena alasan lainnya yang tidak mengarah pada sebab lainnya.

2. Berakal dan Tidak Gila


Sumber: Pexels.com--

Salah satu syarat sah berpuasa adalah waras atau berakal, hal ini tentu berkaitan dengan poin nomor satu di mana seseorang atau seorang muslim yang beribadah tentunya ingin memyempurnakan diri dan berserah diri kepada Allah SWT.

Jika tidak bisa memenuhi poin ini, maka puasanya dianggap tidak sah dan ia tidak akan mendapatkan pahala yang telah dijanjikan oleh Allah SWT. Selain baligh, syarat selanjutnya adalah berakal. Maksudnya hanya orang berakal saja yang wajib melaksanakan puasa. Menurut kesepakatan ulama, orang gila termasuk orang yang tidak berakal, sehingga ia tidak diwajibkan untuk berpuasa

3. Bukan Seorang Musafir


Sumber: Pexels.com--

Rangga Dipa

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.