Jangan Lewatkan! Amalan dan Doa Pada Malam Isra Miraj

Jangan Lewatkan! Amalan dan Doa Pada Malam Isra Miraj

--

FIN.CO.ID - Dzikir malam Isra Miraj adalah suatu amalan yang memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam. Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem, lalu dilanjutkan ke langit ketujuh hingga bertemu dengan Allah SWT.

Malam Isra Miraj memiliki keutamaan yang sangat besar, dan melakukan dzikir khusus pada malam tersebut merupakan bentuk penghormatan dan penghayatan terhadap kebesaran Allah SWT serta perjalanan spiritual Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam.  

Amalan Malam Isra Miraj 

1. Salat Sunnah Malam

Melakukan salat sunnah malam, terutama salat tahajjud, merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada malam Isra Miraj. Salat tahajjud adalah ibadah malam yang dilakukan di waktu antara tidur malam dan waktu subuh, yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

2. Membaca Al-Qur'an

Memperbanyak membaca Al-Qur'an pada malam Isra Miraj adalah amalan yang baik. Al-Qur'an adalah petunjuk bagi umat Islam, dan membacanya pada malam yang istimewa ini akan mendatangkan berkah dan keberkahan.

BACA JUGA:

3. Berdoa dan Berdzikir

Memperbanyak doa dan dzikir pada malam Isra Miraj adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berdoa memohon ampunan, rahmat, dan berbagai kebaikan adalah amalan yang sangat dianjurkan pada malam yang penuh berkah ini. 
Adapun do'a yang dianjurkan sebagai berikut : 

اللهم إِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ أَنْ تَرْحَمَ قَلْبِيَ الْحَزِيْنَ وَتُجِيْبَ دَعْوَتِيْ يَا أَكْرَمَ الْأَكْرَمِيْنَ

Arab Latin: Allāhumma innī as'aluka bi musyāhadati asrāril muhibbīn, wa bil khalwatil latī khashshashta bihā sayyidal mursalīn hīna asraita bihī lailatas sābi'i wal 'isyrīn an tarhama qalbiyal hazīna wa tujība da'watī yā akramal akramīn.

Artinya, "Ya Allah, dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia orang-orang pecinta, dan dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang hanya Engkau khususkan kepada pimpinan para rasul, ketika Engkau memperjalankannya pada malam 27 Rajab, sungguh aku memohon kepada-Mu agar Kau merahmati hatiku yang sedih dan Kau mengabulkan doa-doaku, wahai Yang Maha Memiliki kedermawanan."

4. Mengingat Kebaikan dan Berbuat Baik

Malam Isra Miraj juga merupakan waktu yang tepat untuk merenungkan kebaikan dan berbuat baik kepada sesama. Memperbanyak amal kebaikan dan mengingat-nIngat kebaikan yang pernah dilakukan merupakan bentuk syukur atas nikmat-nikmat Allah SWT.

BACA JUGA:

5. Mengikuti Ceramah dan Pengajian Agama

Menghadiri ceramah dan pengajian agama yang membahas tentang peristiwa Isra Miraj adalah cara lain untuk menghormati malam yang bersejarah ini. Mendengarkan kisah dan pelajaran dari peristiwa ini dapat memperkuat iman dan memperdalam pemahaman tentang kebesaran Allah SWT.

6. Menyebarkan Kebaikan

Malam Isra Miraj juga merupakan waktu yang tepat untuk menyebarkan kebaikan kepada orang lain. Memberikan sedekah, menolong sesama, dan melakukan amal kebaikan lainnya adalah cara yang baik untuk merayakan momen penting ini.

7. Mengenang dan Merenungkan Isra Miraj

Mengenang dan merenungkan peristiwa Isra Miraj merupakan bentuk penghormatan terhadap kebesaran Allah SWT. Memahami dan menghayati betapa besar dan luar biasanya perjalanan spiritual Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam ini dapat memperdalam iman dan ketaqwaan kita kepada-Nya.

Kiky Adeana Sisca

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.